Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Selasa, 20 Oktober 2020

Koramil Grabagan Kabupaten Tuban Di Resmikan Pangdam V Brawijaya


Tuban, SNN.com - Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Widodo Iriansyah meresmikan Koramil 0811/20 Grabagan Kabupaten Tuban, Selasa, 20 Oktober 2020.

Di dampingi Bupati Tuban H. Fathul Huda, serta Dandim 0811 Tuban Letkol Infantri Villiala Romadon, peresmian di tandai dengan penandatanganan prasasti serta pemotongan pita, di lanjutkan dengan peninjauan ruangan.

Usai peresmian, kepada awak media Pangdam V Brawijaya mengatakan, peresmian Koramil Grabagan merupakan peningkatan status dari Pos Koramil menjadi Koramil. 

Pada kesempatan itu, Pangdam V Brawijaya berharap, adanya peningkatan tersebut dapat pula meningkatkan koordinasi TNI dengan Forkopimca, serta bisa lebih dekat dengan masyarakat, apalagi saat ini TNI menjadi salah satu garda depan dalam langkah pencegahan penularan Covid -19. 

“ Koramil di pimpin oleh Perwira, ini  akan lebih baik dalam melakukan koordinasi dan menghilangkan sekat - sekat yang ada,” terang Pangdam.

Dalam hal penanganan Covid -19, Pangdam juga menjelaskan jika Babinsa bersama Babinkamtibmas sebagai mata dan telinga masyarakat, saat ini juga melakukan sosialialisasi door to door mengenai protokol kesehatan. Dalam bertugas, para Babinsa juga di lengkapi dengan obat - obatan dan APD yang di butuhkan. 

“ Untuk Babinsa, yang usianya di atas 50 tahun selama 2 bulan tugas lapangan, 2 bulan setelahnya akan di tempatkan di posisi staf untuk penyegaran,” paparnya.


Pangdam juga mengingatkan, mendekati Pilkada serentak yang akan di adakan Desember mendatang, keharmonisan komunikasi dan sinergitas yang bagus antar Forkopimda sangat di harapkan untuk mencegah terjadinya permasalahan dalam pesta demokrasi tersebut. TNI akan siap dalam melaksanakan pengamanan demi kelancaran Pilkada nanti. 

“ Segera lakukan pemetaan dan pendekatan, apabila ada indikasi pemasalahan yang sekiranya mengganggu jalannya Pilkada pada 9 Desember 2020 mendatang, segera lakukan koordinasi,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Tuban H. Fathul Huda mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh anggota TNI yang telah banyak membantu dalam pembangunan ketahanan pangan di Kabupaten Tuban. 

Tak hanya soal ketahanan pangan, tetapi juga dalam penanganan Covid -19. Menurut orang nomor satu di Tuban ini, koordinasi dan sinergi antara TNI dengan Pemkab, juga Polri telah terjalin dengan sangat baik.

Bupati juga menjelaskan, Kabupaten Tuban terdiri dari industri dan Pertanian. Industri Tuban menjadi yang terbesar nomor 4 di Jawa timur, hal tersebut tidak menjadikan kasus Covid -19 di Kabupaten Tuban tidak terkendali, sebaliknya, klaster industri hampir tidak terjadi di Kabupaten Tuban, dan bisa di kendalikan. 

“ Semua ini dapat di capai berkat kerja sama yang baik antara TNI, Polri dan Pemkab. Apalagi, saat ini kita sudah berstatus kuning, Alhamdulillah,” jelas Bupati.


Begitupun dengan ketahanan pangan, Kabupaten Tuban menjadi penghasil beras dan jagung terbanyak di Jawa Timur. Dalam hal ini, TNI selalu terlibat dalam setiap program ketahanan pangan di Kabupaten Tuban. Baik dalam percepatan penanaman, peningkatan produksi, hingga pengamanan saat pendistribusian pupuk.

“ TNI membawa rasa aman pada masyarakat kita, dan saya harap hal ini terus di tingkatkan,” terang Bupati.

Berdasarkan laporan Dandim 0811 Tuban Letkol Infantri Villiala Romadon, Pembangunan Koramil Grabagan merupakan pemekaran dari wilayah Kabupaten Tuban. Sebelumnya, aktivitas serta kegiatan administrasi anggota TNI bergabung dengan Kantor Satpol PP Kecamatan. 

Koramil Grabagan 0811/20 di bangun menggunakan dana hibah dari Pemkab Tuban di atas lahan seluas 1.078 meter persegi,  dengan  luas gedung 178 meter persegi.

Turut hadir dalam acara peresmian, Pangdam V Brawijaya beserta rombongan, Bupati Tuban, Wakil Bupati Tuban, Dandim 0811 Tuban, Kapolres Tuban, Ketua DPRD Tuban, serta Forkopimcam Grabagan.

Reporter : Agus
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"