Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Senin, 19 Oktober 2020

Kacang Tanah Kancil di KT Sedyo Rukun Keyongan Sabdodadi Capai 1.03 ton/Ha Wose Kering


Bantul, SNN.com - Petugas PPL Kecamatan Bantul dan didampingi oleh Ketua Poktan Sedyo Rukun Keyongan, Sabdodadi, Bantul melakukan ubinan bantuan pemerintah benih kacang tanah tahun 2020 di Bulak Keyongan Sabdodadi, Senin (19/10/2020). Acara ini juga dihadiri oleh Pemerintah Desa Sabdodadi yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Kasi Kesejahteraan, Ir. Wantini, Kepala Dukuh Keyongan beserta Bhabinkamtibmas Desa Sabdodadi.

Suprihono, Ketua Poktan Sedyo Rukun Keyongan Sabdodadi mengatakan bahwa ada beberapa perlakuan dalam budidaya tanaman kacang varietas Kancil ini. Ada yang tanpa olah tanah, ada yang dibajak dahulu, ada yang ditugal kemudian ditutup dengan tanah. Hal tersebut tergantung selera petani.

Koordinator BPP Kecamatan Bantul, Fibrica Hananta Tur Saptarini, S.Pt. menyampaikan banyak terima kasih atas bantuan dan kerja sama dari kelompok sehingga banper kali ini sudah dilaksanakan sesuai CPCL yang diajukan pada musim tanam ke-2 dan hasilnya cukup memuaskan. Hasil ubinan rata-rata mencapai 1.03 ton/Ha wose kering.
 
Diharapkan keberhasilan Suprihono dalam budidaya kacang tanah ini agar disebarluaskan kepada petani lain supaya tertarik untuk ikut menanam. Kelompok juga masih mengharapkan adanya stimulan subsidi benih atau bantuan pemerintah dalam bentuk apapun untuk mensupport petani dalam berbudidaya tanaman pangan.

Reporter : Rebianto
Editor     : Mas Pay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"