Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Jumat, 23 Oktober 2020

Bibit Jagung Kualitas Ekspor Berhasil Di Kembangkan Pemerintah Kabupaten Tuban


Tuban, SNN.com - Kabupaten Tuban menjadi Pilot Project pengembangan bibit jagung Hibrida berbasis Korporasi. Benih jagung yang di kembangkan di Bumi Wali ini memiliki kualitas untuk pasar ekspor. 

“ Kita targetkan Kabupaten Tuban dapat mencukupi kebutuhan bibit jagung di wilayahnya, juga mampu mengekspor bibit jagung hasil pengembangan hingga ke luar pulau Jawa bahkan luar Negeri,” kata Direktur Perbenihan Ditjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian ( Kementan ), Moh Takdir Mulyadi, saat kunjungan kerja di wilayah Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban, Jumat ( 23/10/2020 ). 

Dalam kunjungan ini,  ia di dampingi Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Tuban, Murtadji, dan Camat Jatirogo, Nawawi.

Moh Takdir Mulyadi menyatakan, pemilihan Kabupaten Tuban sebagai Pilot Project secara Nasional, lantaran petaninya memiliki kapabilitas, semangat, dan etos belajar yang tinggi terkait teknologi Pertanian terbaru. 


Kementan RI menambah alokasi areal pengembangan dari yang semula 380 hektar menjadi 600 hektar. Harapannya, petani dapat semakin solid, dan terus mengembangkan kemampuannya guna mendukung produktivitas hasil Pertanian.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Tuban Murtadji menerangkan, pihaknya akan meningkatkan kegiatan pengembangan bibit jagung Hibrida berbasis Korporasi ini menjadi suatu kawasan dengan mencakup Kecamatan lain di Tuban. Hasil pembenihan dari Jatirogo mampu mencukupi kebutuhan bibit di Kabupaten Tuban.

Bibit yang di kembangkan memiliki kualitas unggul, dan mampu bersaing dengan bibit jagung ekspor." Bibit jagung Nasa 29 dan CH 37 yang di kembangkan di Tuban mendapat apresiasi dari Kementan RI," ucapnya.


Pada tahap awal petani kurang minat untuk mengikuti program ini, setelah merasakan nilai tambah hingga 3 kali lipat, banyak petani yang berminat. Hanya 98 hektar yang di kembangkan di tahap awal, selanjutnya banyak petani mengajukan hingga 500 hektar. 

" Pada tahun 2020, Kabupaten Tuban mendapat penambahan luasan areal hingga 560 hektar," terangnya. Kedepannya, juga akan di bentuk koperasi untuk menampung hasil Pertanian bibit jagung ini. 

Kadis Murtadji menambahkan Pemkab Tuban memberi dukungan pengembangan dengan mencukupi sarana dan prasarana pendukung. Diantaranya pompa air, dryer UV, dryer beroda dan vertikal, maupun jalan usaha tani.

Reporter : Agus
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"