Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Jumat, 16 Oktober 2020

Demi Air Bersih Warga Mertelu Rela Bikin Sumur Gali di Pinggir Kali


Gunungkidul, SNN.com - Warga Masyarakat Dusun Mertelu Kalurahan Mertelu Kapanewon Gedangsari Kabupaten Gunungkidul, rela memahat bebatuan demi untuk mendapatkan air bersih.

Ketua Rt 05 Mertelu Ngadiman menyampaikan, bahwa pembuatan sumur ini adalah inisiatif dari warga Dusun Mertelu untuk mendapatkan air bersih di saat kemarau. 

" Masyarakat Rt 05 secara bergantian menggali sumur walupun postur dari atas dan bawah dilakukan dengan cara memahat bebatuan semua ini kami lakukan demi mendapatkan sumber air bersih," jelas Ngadiman Jum'at (16/10/2020).

Dan rencana nantinya untuk galian sumur ini di target kedalam 9 sampai dengam 13 meter, namun apabila sebelum batas kedalaman yang di inginkan air sudah mencukupi maka penggalian dihentikan, "jelas Teguh.


Walaupun saat ini warga masyarakat belum membeli air menggunakan tangki hal ini dilakukan untuk mengantisipasi apabila nanti musim kemarau berlebihan. Karena saat ini warga terutama Rt 05 hanya mengandalkan sumber air dari sumuran kecil/ belik untuk kebutuhan sehari hari. Dan pengambilan air oleh warg menggunakan dirijen, "imbuh Teguh.

Air bersih yang di gali di pinggir kali ini rencana akan di gunakan untuk mencukupi kebutuhan air bagi warga Rt 05 yang berjumlah sekira 35 Kepala Keluarga. Dan yang menjadi persoalan mungkin apabila ada yang baik hati dan peduli untuk membantu warga hanya ingin minta pompa untuk mengangkat air dari sumur biar bisa di salurkan ke rumah rumah warga, "tandas Ngadiman.

Reporter : Pay
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"