Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Rabu, 28 Oktober 2020

Polri Laksanakan Operasi Zebra 2020 : Siap-siap Jika Ada Pelanggaran

Kapolres Kubar AKBP IRWAN YULI PRASETYO, S.I.K.

Kutai Barat, SNN.com - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) melaksanakan operasi zebra di seluruh Indonesia selama dua pekan ke depan.

Kapolres Kutai Barat (Kubar) Kalimantan Timur (Kaltim) AKBP Irwan Yuli Prasetyo menjelaskan, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kubar juga gelar Operasi Zebra ini selama dua pekan khususnya di Kutai Barat dan Mahakam Ulu (Mahulu).

“Operasi zebra ini merupakan program pusat, jadi untuk daerah juga dilakukan secara serentak, di Kutai Barat dengan sandi Operasi Zebra Mahakam dimulai 26 Oktober hingga 8 November 2020 mendatang"kata AKBP Irwan kepada wartawan di Mako Polres (26/10/2020).

Secara terpisah, Kasat lantas Polres Kubar Iptu Alimuddin menyebutkan, kegiatan operasi ini mengedepankan konsep persuasif, yang bersifat Preemtif, Preventif dan Represif. “Sasaran operasi zebra Mahakam ini bagi pengendara roda dua yang masih dibawah umur/anak-anak, berkendara melawan arus, tidak memakai helm, berboncengan lebih dari dua orang. Sedangkan untuk roda 4 bagi yang tidak menggunakan Safety belt (sabuk pengaman.

Kasat Lantas Polres Kubar IPTU ALIMUDDIN

Ia menambahkan, sehubungan saat ini dalam situasi pandemi Covid-19 untuk sosialisasi kegiatan di publikasikan melalui Spanduk yang terpasang di beberapa titik, media sosial dan media massa.
“Kegiatan ini kita umumkan agar masyarakat bisa mengetahuinya secara luas. Dan jika masih ada juga yang melanggar aturan ini ya kita tindak, meski demikian soal penegakan hukum menjadi pilihan terakhir,”tegasnya.

Operasi Zebra Mahakam terbagi tiga sistem yakni Preemtif 40 persen (adalah memberikan konsultasi terhadap obyek pemeriksaan tentang permasalahan-permasalahan yang dihadapi. Preventif 40 persen (adalah melaksanakan pengawasan dari proses perencanaan dalam seluruh fungsi. Sedangkan represif, yaitu melaksanakan kegiatan dengan tujuan untuk meminimalkan temuan/penyimpangan dengan tidak mengesampingkan apabila ditemukan penyimpangan yang mempunyai dampak hukum, tetap harus ditindaklanjuti sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Ada 40 personil yang diterjunkan saat operasi zebra Mahakam berlangsung. Polisi berharap  bagi pengendara roda dua dan roda 4 agar membawa kelengkapan dokumen kendaraannya, "pungkas Iptu Alimuddin.

Reporter : Johansyah
Editor     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"