Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA




Senin, 01 Februari 2021

Belik Ajaib Gunung Buthak ( BAGB ) di Kapanewon Nglipar


Gunungkidul, SNN.com - Di wilayah Gunungkidul banyak wisata- wisata religi yang belum terangkat salah satunya sumber air  Belik Ajaib Gunung Buthak yang berada di wilayah Padukuhan Kebonjero, Kalurahan Pengkol, Kapanewon Nglipar, Kabupaten Gunungkidul.
 Senin (01/2/2021).

Diperoleh informasi dari Muryanta, S.Sos, Jagabaya  Kalurahan Pengkol, bahwa Belik Ajaib Gunung Buthak merupakan potensi wisata religi yang perlu di gali dan ditata sebagai Destinasi Wisata, jelasnya.

Muryanta juga menyampaikan bahwa, sumber air belik di puncak Gunung tersebut sangat aneh dan ajaib karena selain berada di puncak gunung batu hitam, airnya baik di musim hujan maupun kemarau tidak pernah mengering ( tidak pernah asat ). yang menurut cerita para sesepuh Belik tersebut pada zaman dahulu merupakan tempat mandi para Bidadari, terangnya.

Keistimewaan Air dari Belik tersebut oleh masyarakat sekitar di percaya bisa sebagai obat segala penyakit dengan cara mandi di tempat tersebut pada hari jum'at atau mengambil air untuk mandi di rumah.
.



Padukuhan Kebonjero sendiri juga miliki pontesi Agro wisata kebun Durian,  Rambutan, Manggara dll juga Perikanan Mina Alam, dan kelompok2 industri kecil baik industri kayu maupun olahan makanan ( Olahgun ), "Imbuh Muryanta.

Sepekan yang lalu, puluhan relawan  Gunungkidul yg dipimpin oleh Bapak Benyamin Sudarmaji ( Bakmi Jawa ) bersama relawan mendaki ke puncak gunung bersama masyarakat Kebonjero untuk melakukan kerja bhakti disekitar belik gunung buthak.

Selain kerja bhakti bersama masyarakat mereka para relawan juga ingin tau keberadaan belik dipuncak gunung tersebut dan mereka pada minum, cuci muka dengan air belik ajaib tersebut.

Reporter : Asih.
Editor      : Mas Pay.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"