Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Rabu, 09 Oktober 2019

Bupati Canangkan Gemarampai 2019, Tingkatkan SDM

Tuban, SNN.com - Bupati bersama Wakil Bupati Tuban mencanangkan Gerakan Makan Telur dan Minum Susu Bagi Putra - Putri Indonesia ( Gemarampai ) Kabupaten Tuban tahun 2019, di lapangan 17 Agustus Kecamatan Bangilan, Rabu ( 09/10/2019 ). Dalam pencanangan Gemarampai ini turut hadir sejumlah pimpinan OPD terkait, Camat dan Forkopimka Bangilan,  dan di ikuti siswa TK/RA dan wali siswa se - Kecamatan Bangilan.

Mengawali sambutannya, Bupati Tuban, H. Fathul Huda memberikan apresiasi setinggi - tingginya penyelenggaraan Gemarampai. Kegiatan ini sekaligus Expose Pengolahan dan Pemasaran Produk Hasil Peternakan di Kabupaten Tuban.

Lebih lanjut, Gemarampai menjadi stimulan dan pendorong bagi orang tua agar memberikan anak makanan cukup gizi. Hal ini selaras dengan program prioritas Pemerintah dalam rangka penguatan sumber daya manusia ( SDM ).

Penguatan SDM ini dapat meningkatkan pengelolaan potensi di Kabupaten Tuban." Sehingga memiliki generasi unggul yang dapat di maksimalkan sumber daya alam dengan baik meningkatkan ekonomi serta memajukan Kabupaten Tuban.

Pembangunan SDM, lanjut Bupati, dimulai sejak anak berumur 0-12 tahun. Pada umur tersebut, anak - anak dalam usia prioritas sehingga orang tua harus memberikan asupan makanan sehat dan bergizi.

Orang nomor satu di Kabupaten Tuban ini menginstruksikan OPD terkait agar bersinergi dan memberikan sosialisasi terkait kecukupan gizi dengan bahasa yang mudah di mengerti masyarakat." Bila perlu disediakan selabaran atau pamflet yang berisi berbagai alternatif menu makanan bergizi lengkap dengan kandungan gizinya, yang dapat di pilih untuk dimasak keluarga," tambahnya.


Bupati menekankan agar kegiatan ini tidak hanya seremonial saja, tetapi ada tindak lanjut pasca kegiatan. Pemkab Tuban juga melakukan evaluasi terkait output dari kegiatan ini. Salah indikatornya adalah angka kecukupan gizi, tingkat konsumsi daging, susu, dan telur, serta penurunan penderita stunting.

Bupati Huda juga menerangkan, pemenuhan gizi bagi ibu dan anak akan menghindarkan potensi anak menderita stunting. Karenanya orang tua harus memahami jenis - jenis makanan bergizi yang di konsumsi. " Orang tua harus memahami mengenai makanan bergizi untuk anak. Sehingga anak tumbuh dengan sehat dan cerdas serta dapat membanggakan orang tua," pintanya.

Untuk diketahui, sebelum melakukan pencanangan Gemarampai Kabupaten Tuban tahun 2019, Bupati bersama Wabup dan OPD melakukan kunjungan ke keluarga yang memiliki anak penderita stunting di Desa Bangilan.

Usai melakukan pencanangan, Bupati dan Wabup melakukan Dialog/Audiensi dengan tokoh masyarakat dan agama di Pendopo Kecamatan Bangilan. Pada kegiatan Dialog/Audiensi juga di serahkan berbagai bantuan hibah Pemkab Tuban kepada para penerima.

Reporter : Agus
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"