Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Kamis, 28 Januari 2021

Jalur Pantura Probolinggo Lumpuh Akibat Tergenang Banjir


Probolinggo, SNN.com – Hujan yang mengguyur sejumlah wilayah Probolinggo selama beberapa jam  langsung berdampak banjir. Sejumlah desa di Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo mengalami banjir setinggi lutut orang dewasa. Selain menggenangi rumah warga, banjir juga melumpuhkan jalan raya jalur utama pantura.

Hujan mengguyur sejak pukul 13.00 hingga petang. Dampaknya, sejumlah rumah warga di Dringu dan ruas jalan desa terendam. Terutama di Dusun Grogol, Desa Pabean, Desa Randuputih, dan Dusun Krajan Bandaran Desa/Kecamatan Dringu.

Selain itu banjir juga menggenangi sejumlah ruas jalan pantura, utamanya di jalan raya Desa Pabean dan Tamansari. Genangan air setinggi lutut orang dewasa ini melumpuhkan arus lalu lintas.

Kemacetan panjang selama berjam-jam Bahkan tidak sedikit lahan pertanian milik warga utara dan selatan jalan yang ikut terendam banjir.

“Banjir lagi. Setiap tahun selalu seperti ini. Untung kami sudah mengantisipasinya dan sudah mengevakuasi barang elektronik sebelum banjir ini datang,” kata Tosan (35), salah seorang warga Desa Dringu, Kamis 28-01-21


Banjir seperti ini kerap terjadi karena buruknya saluran drainase yang ada di sepanjang jalur pantura. Genangan air hujan jadi tidak bisa langsung mengalir ke sungai atau saluran, melainkan meluber dan masuk ke rumah-rumah warga yang lebih rendah dibanding badan jalan.

“Saluran drainase apa, wong tidak ada yang berfungsi. Yang ada dilingkungan rumah kami  jadi saluran pembuangan air dari daerah aliran sungai Kresek yang ada di sisi timur itu,” tutur Ali

Menanggapi bencana banjir tersebut, Kabid Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Kabupaten Probolinggo Sugeng Suprisayoga mengatakan, pihaknya telah menerjunkan sejumlah personel untuk mengatasi situasi. Terutama melakukan langkah-langkah pembersihan saluran drainase yang tersumbat oleh tumpukan sampah.

“Kami sejak sore tadi sudah mengirimkan empat personel untuk mengurai banjir tersebut. Semoga banjir genangan itu dapat segera surut setelah langkah-langkah yang dilakukan oleh personel kami,” tandas Sugeng. 

Reporter : Tofa
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"