Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Rabu, 27 Januari 2021

Tiga Masjid di Kalurahan Karangwuni, Rongkop Lakukan Ukur Arah Kiblat


Gunungkidul, SNN.com - Sebanyak 3 (tiga) bangunan masjid di Kalurahan Karangwuni, Kapanewon Rongkop, Kabupaten Gunungkidul, D.I.Yogyakarta lakukan ukur arah kiblat, Selasa, 26 /1/ 2021.

Ketiga masjid tersebut diantaranya ialah masjid Al Amin dusun Suruh, masjid Baburoyan dusun  Karangwuni dan masjid Al Hasanah dusun Pampang, kalurahan Karangwuni, Rongkop, Gunungkidul, D.I.Y.

Kegiatan ini  rencananya juga akan dilakukan dibeberapa masjid lain di Rongkop yang sudah mengajukan untuk diukur arah kiblatnya. 

Menurut kepala Kantor Urusan Agama(KUA) kapanewon Rongkop M. Saefulloh, bahwa dari KUA Rongkop sendiri saat ini sudah memiliki tiem arah ukur kiblat sejumlah tiga orang, yaitu Andar, Sutrisna dan Nardi. Ketiganya sudah pernah mengikuti diklat arah ukur kiblat di kanwil Kemenag provinsi D.I.Y, "jelasnya. 


Untuk itu bagi masjid-masjid di kapanewon Rongkop yang belum diukur arah kiblatnya secara akurat, agar segera mendaftarkan ke Kemenag. Dengan diukurnya arah kiblat akan lebih afdol lagi cara menghadap arah kiblat disaat melaksanakan ibadah sholat. 

Sementara itu takmir masjid Al Hasanah dusun Pampang, Karangwuni, Rongkop, Mugi Basuki S.E menginformasikan, bahwa masjid yang berdiri di tanah wakaf miliknya baru saja selesai dibangun, malah belum diresmikan. Rencananya baru akan serah Terima dan diresmikan nanti pada bulan Maret 2021. Masjid Al Hasanah ini didirikan dengan biaya dari donatur Jakarta menelan dana sekitar 200an juta rupiah.

Sedangkan masjid lama di dusun Pampang nantinya akan dialihwungsikan untuk kegiatan umat agar tidak mubadzir.

Reporter : Wajiyo
Editor      : Mas Pay.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"