Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Selasa, 26 Januari 2021

Seorang Petani Menemukan Jamur Trucuk Diladangnya Dengan Jumlah Sekitar 4 Kilogram


Gunungkidul, SNN.com - Seorang petani bernama Kismo Rejo telah menemukan banyak jamur diladang garapannya, Selasa  pagi 26/1/2021 pagi. 

Jamur ini menurutnya berjenis "Trucuk" karena sifat tumbuhnya yang liar dan bergerombol dibeberapa tempat. Pagi itu pak Kismo sedang mencari rumput seperti biasanya, Tiba-tiba ketika mau ambil daun jagung melihat beberapa jamur dibawah pohon jagung. Setelah dilihat kiri-kanan sekitarnya ternyata masih ditemukan lagi ratusan jamur yang sama. 

Dengan mengucap alhamdulillah lalu jamur-jamur tersebut dicabuti satu persatu. Sesudah terkumpul ternyata jumlahnya cukup banyak, hampir 4 kg lebih, katanya. Jenis jamur trucuk ini tergolong sudah langka ditemukan, tidak seperti dulu-dulu, kalau musim hujan seperti sekarang ini banyak ditemukan jamur trucuk. Namun sekarang sudah sangat jarang, bahkan sudah puluhan tahun tidak pernah mendapati jamur jenis ini. Ada juga jenis jamur liar yang lebih besar bernama jamur barat. Biasanya hanya satu atau dua tumbuh ditempat yang sama.

Menurut pak Kismo Rejo, jamur yang ditemukan di bulak ladang Ngriwulan, Pucanganom, Rongkop, Gunungkidul ini sangat lezat dikonsumsi, bisa di sayur, ditumis, di pepes, digoreng krispi atau dimasak sesuai selera orang. Sesampai dirumah jamur ini akan dibagikan pada saudara yang mau memasak sebab jumlahnya cukup banyak. Biar semua bisa merasakan jamur yang tergolong langka ini. 

Reporter : Wajiyo
Editor      : Mas Pay.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"