Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Senin, 25 Januari 2021

Vaksinasi Covid -19 Siap Di Sukseskan Pemerintah Kabupaten Tuban


Tuban, SNN.com - Pemkab Tuban bersiap menerima vaksin Covid -19 yang akan di kirimkan Pemprov Jatim. Sejumlah persiapan mulai dari proses pengiriman dan penyimpanan, data penerima dan teknis vaksinasi telah di tetapkan untuk menyukseskan program Pemeritah Pusat ini.

Hal tersebut di sampaikan Juru Bicara Satgas Covid -19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Qomariyati, pada program siaran dialog LPPL Pradya Suara Tuban bersama Praktisi Kesehatan sekaligus Influencer, dr. Alfian Yuniarta, Senin ( 25/01/2021 ).

Endah Nurul memaparkan, rencananya pada minggu ini vaksin di distribusikan dari Pemprov Jawa Timur ke Kabupaten Tuban dengan total 3.360 dosis. Dinas Kesehatan akan langsung mengirimkan vaksin tersebut ke fasilitas pelayanan kesehatan ( Fasyankes ) di Kabupaten Tuban ( RSUD Koesma, RSUD Ali Manshur, 33 Puskesmas, dan Kantor Kesehatan Pelabuhan di Jenu ) dengan tetap memperhatikan prosedur pengiriman.

Seluruh Fasyankes yang di tunjuk telah di siapkan fasilitas pendukung, seperti alat penyimpanan dan pengukur suhu. Vaksin harus di simpan dengan suhu 2 - 8 derajat celsius. Fasyankes yang telah menerima vaksin di haruskan sesegera mungkin melakukan proses vaksinasi.

Ia tambahkan, Dinas Kesehatan telah melakukan pendataan penerima vaksin. Prioritas penyuntikan vaksin di tahap pertama antara lain pekerja di fasilitas kesehatan medis dan non-medis.

Rencananya, proses vaksinasi di Kabupaten Tuban akan dilakukan minggu ini setelah di terima dan di targetkan selesai pada akhir Februari. Selanjutnya, vaksinasi tahap pertama ini di tujukan kepada pejabat tinggi Pemerintah ( Forkopimda ), perwakilan Toga/Tomas, seluruh tenaga medis/non medis di seluruh Fasyankes Pemerintah juga swasta, juga profesi layanan kesehatan masyarakat lainya klinik/ praktek.


Sekretaris Dinkes Tuban ini menambahkan, untuk masyarakat umum vaksinasi akan dilakukan pada tahap berikutnya, dalam hal ini Pemerintah telah menetapkan sejumlah persyaratan masyarakat yang boleh di vaksin. Pertama, orang yang belum pernah terkonfirmasi positif. Kedua, masyarakat yang berusia 18 - 59 tahun. Ketiga, tidak menderita penyakit penyerta atau pemberat.

Sementara itu, praktisi kesehatan sekaligus Influencer, dr. Alfian Yuniarta mengatakan, vaksin ini wujud kehadiran Negara untuk melindungi warganya sekaligus menjadi wujud penerapan penghormatan HAM, bukan masalah perorangan.

Langkah ini harus di dukung dengan disiplin protokol kesehatan tiap individu. Karenanya, masyarakat di harapkan tidak percaya dengan berita hoaks maupun kabar burung lainnya.

“Jika memang ada bukti bahwa masyarakat di-Covid-kan, datang ke saya. Mari sama - sama kita laporkan ke Polisi,” jelasnya.

Pemerintah Pusat telah menetapkan vaksin yang di distribusikan memperoleh sertifikat dari BPOM dan MUI. Adanya legalitas tersebut menjadi jaminan kepercayaan bagi masyarakat bahwa vaksin tersebut aman dan halal.

Di samping itu, vaksin tersebut juga telah lolos seluruh tahapan uji klinis dan memiliki efikasi vaksin mencapai 65 persen.“ Sudah aman untuk di suntikkan kepada masyarakat,” ucapnya.

Alfian Yuniarta menerangkan, proses penyuntikan dilakukan 2 kali. Pertama untuk melihat repson tubuh terhadap vaksin. Jika tubuh merespon sesuai ketentuan dan dinyatakan aman akan dilakukan penyuntikan lagi setelah dua minggu.

Vaksinasi di tujukan untuk meningkatkan antibodi sebagai pertahanan melawan Covid -19. Sehingga, setelah di vaksin masyarakat harus tetap patuh protokol kesehatan.

Dokter yang sehari - hari bertugas di RSUD Koesma Tuban ini menambahkan, merawat pasien Covid -19 memerlukan waktu yang relatif lebih lama di bandingkan pasien biasa. Tenaga medis juga rentan tertular Covid -19 ketika melakukan perawatan bagi pasien Covid -19.

Kepedulian dan kesadaran masyarakat sangat di perlukan untuk mendukung upaya pencegahan dan penanganan Covid -19. Tenaga kesehatan telah banyak berkorban untuk menangani Covid -19.

“ Dedikasi yang telah dilakukan banyak pihak untuk menangani Covid -19 harus di dukung agar pandemi dapat segera di atasi,” tegasnya.

Reporter : Agus
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"