Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA




Jumat, 29 Januari 2021

RAT Bandus Ngelo Tetapkan Pengurus Baru Periode 2021-2023


Gunungkidul, SNN.com -  Rapat Anggota Tahunan (RAT) Bandus Ngelo, Kalurahan Petir, Kapanewon Rongkop, Gunungkidul, D. I. Yogyakarta berhasil menetapkan pengurus baru periode 2021-2023. Acara ini berlangsung di Balai Dusun Ngelo, Jumat (29/1/2021).

Bandus merupakan kelompok masyarakat dusun yang mengelola uang bantuan dari pemerintah untuk dusun yang sudah berjalan berpuluh - puluh tahun, yaitu semenjak pemerintahan Presiden Soeharto. Hingga saat ini uang bantuan dusun (Bandus) tersebut masih berjalan dengan baik, berkembang biak dan membawa manfaat bagi anggota. Diantaranya bisa membiayai kebutuhan pembangunan fisik seperti jalan cor blok, pembuatan balai dusun, pembelian kursi, bantuan sosial bila ada warga yang meninggal dunia dan lain sebagainya. 

Mengingat jalanya RAT masih dalam masa masa pandemi covid 19 semua anggota diwajibkan mentaati protokol kesehatan. Selain itu tidak semua anggota Bandus bisa menyaksikan jalanya pembentukan pengurus yang baru. Mereka datang hanya menulis daftar hadir dan menerima Sisa Hasil Usaha (SHU) sembari menyerahkan tulisan nama-nama calon pengurus yang sudah mereka tulis dari rumah, kemudian pulang. Yang bisa melihat jalanya pemilihan pengurus hanya perwakilan dari tiga RT masing masing tiga orang, perwakilan lembaga dusun dan pengurus yang lama. 


Sebagai laporan pertanggungjawaban pengurus, selaku bendahara Bandus Y. Supardi menyampaikan keadaan keuangan hingga akhir bukan Desember 2020 secara tertulis. Dimana pada awal tahun 2020 yang lalu keadaan modal awal sebesar Rp 49.708.600,-. Pada akhir tahun 2020 telah mencapai Rp 59.565.700,-. Artinya dalam tahun 2020 Bandus ini memiliki laba sebesar Rp. 9.857.100,- , itupun dikarenakan pada awal tahun 2020 pelayanan anggota diliburkan selama tiga bulan pada awal merebaknya corona, "jelas Sartini selalu ketua Bandus. 

Jalanya pemilihan pengurus baru dipimpin badan pengawas Bandus A. L. Susanto dengan hasil sebagai berikut.
1. Badan Pengawas (BP) :A.L Susanto.
2. Ketua, Sartini.3.Sekretaris: Wajiyo dan Sutarjo. 
4. Bendahara : Y.Supardi dan Yuni Ekawati. 
Setelah kepengurusan baru ini terbentuk, selanjutnya akan menyusun program-program kerja baru untuk tiga tahun kedepan.

Reporter : Wajiyo.
Editor      : Mas Pay.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"