Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Rabu, 08 Mei 2019

Dinas Perkim Beri Bantuan 1.176 Rumah Layak Huni Bagi Masyarakat Miskin

Kadis Perkim Kabupaten Pulau Morotai, Syaiful Arifin
Morotai, sorotnuswantoronews.com - Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PERKIM) kabupaten Pulau  Morotai  berencana membagun ratusan Rumah Tidak Layak Huni RTLH yang sumber anggarannya dari dana alokasi umum (DAU) dan dana alokasi Khusus (DAK)tahun 2019.
Rencana tersebut disampaikan Kadis Perkim, Syaiful Arifin, saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Rabu (8/05/2019).

Syaiful, menjelaskan bentuk program ini, meliputi peningkatan kualitas rumah dan pembangunan baru yang dilihat dari kualitas atap, lantai dan dinding rumah.  untuk dapat memenuhi syarat penerima bantuan sehingga dari segi kesehatan, keselamatan dan kenyamanan di rasakan oleh masyarakat.

"Dan Bantuan tersebut tersebar di Lima kecamatan di Kabupaten Pulau Morotai, peningkatan kwalitas rumah ini dengan sumber anggaran DAU sebanyak 50 unit dan bangun baru sebanyak 25 unit yang tersebar pada tiap kecamatan serta total anggaranUntuk DAK besar anggarannya 2,9 Miliar dan DAU 1,4 Miliar," ujar Syaiful.

Lanjutnya, Tahun ini secara keseluruhan 1.176 unit Pembangunan rumah yang dianggarkan dalam APBD,  tersebar di lima kecamatan sebanyak 75 unit, serta dengan anggaran DAK 144 unit tersebar di 10 Desa di Kecamatan Morotai Selatan Dan Kecamatan Morotai Selatan Barat, dan Reguler sebanyak 957 unit tersebar di Kecamatan Morotai Utara sebanyak 857 unit, dan Kecamatan Morotai  Selatan Barat sebanyak 100 unit.

"Dengan kualifikasi bagi masyarakat yang pendapatannya rendah dibawah dari 4 juta, selain itu juga, indikator yang dilihat dari bentuk rumah seperti berlantai tanah dan dinding yang menggunakan papan serta kepemilikan hak rumah," terang Syaiful.

Untuk itu, kata lelaki yang biasa disapa dengan Ipul ini, bahwa tahun ini ada peningkatan yang sebelumnya di tahun 2018 sebanyak 950 unit secara keseluruhan baik dari Anggaran APBD, DAK, DAU dan reguler. Sedangkan di tahun 2019 kami secara keseluruhan mendapat 1.176 unit belum lagi kalau di berikan dari KSPN. bantuan tersebut merupakan perangsang, untuk menciptakan kemandirian kepada masyarakat.

"Kita melakukan hal tersebut untuk merangsang masyarakat agar lebih mandiri, ketika mendapatkan bantuan bisa terjun langsung bergotong royong bersama, sehingga bantuan yang diberikan tepat sasaran dan dapat di usahakan hingga pembangunannya selesai karena ini untuk kebaikan mereka.", pungkasnya.

Reporter : Marjan Taha
Editor     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"