Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Kamis, 09 Mei 2019

Inovasi Pelayanan Masyarakat, Bupati Tuban Ingatkan Jajarannya

Tuban, sorotnuswantoronews.com - Bupati Tuban, H Fathul Huda,  mengingatkan jajarannya agar selalu berinovasi dalam memberi pelayanan kepada masyarakat. Baik untuk bidang kesehatan, kependudukan, dan bidang layanan lainnya.

“ Alhamdulillah setelah saya keliling dari desa ke desa meskipun inovasi yang di miliki belum maksimal, namun indeks kepuasan masyarakat meningkat," papar Bupati Huda saat Safari Ramadhan hari kedua di Balai Desa Sokogunung, Kecamatan Kenduruan, Rabu ( 08/05/2019 ).

Turut hadir pada kegiatan itu diantaranya, Ketua TP PKK Kabupaten, Ketua Pengadilan Negeri, Kepala Kemenag Tuban dan sejumlah pimpinan OPD, Camat Kenduruan dan Jatirogo.

Tahun 2019 tema Safari Ramadhan dan Tilik Desa,  Penanganan Kemiskinan dan Pemberdayaan Masyarakat.

Terkait program pemberdayaan masyarakat, Alokasi Dana Desa ( ADD ) dan Dana Desa ( DD ) di tahun 2019 mengalami kenaikan. ADD Kenduruan mengalami kenaikan dari Rp3.468.039.000 menjadi Rp3.732.839.000. Sementara DD untuk Kenduruan naik dari  Rp6.442.697.000 menjadi Rp7.408.034.000.

Menurut Bupati Huda, untuk mengatasi kemiskinan di masyarakat, Pemkab Tuban telah melaksanakan berbagai program dengan memaksimalkan berbagai sumber pendanaan, baik APBN, APBD, Baznas dan CSR Perusahaan.

" Perusahaan wajib menyalurkan sebagian keuntungannya untuk lingkungan, termasuk adanya sembako murah, santunan anak yatim," jelasnya.

Sedangkan program pengentasan kemiskinan yang bersumber dari APBD Tuban, diantaranya Rehab Rumah Tidak Layak Huni ( RTLH ), pembangunan infrastruktur air bersih ( berupa HIPPAM Tirto Mulyo Desa Bendonglateng dan Sumber Agung Desa Jamrong Kecamatan Kenduruan ). Termasuk pembangunan dan rehabilitasi infrastruktur air limbah, dan bantuan pangan siap saji/rantangan, serta santunan.


Sedangkan Camat Kenduruan, Joko Purnomo mengatakan, sampai saat ini kepedulian Kepala  Desa dalam rangka pengentasan kemiskinan juga terbilang tinggi. Setiap tahunnya warga miskin di tiap Desa telah mendapatkan santunan yang bersumber dari DD maupun dana APBD.

Di laporkan pula, tahun 2019 ini Waduk Kedung Geden yang diperbaiki, sudah bisa di manfaatkan oleh warga dari Desa Sidomukti dan Desa Tawaran untuk saluran irigasi. Telah di terima pula bantuan mesin traktor maupun pompa, untuk pengairan di sawah agar produktivitas warga lebih tinggi.

Camat Joko menambahkan, Kenduruan memiliki potensi perkebunan Jambu Mete seluas 40 hektar,  dan perkebunan Pepaya yang di garap oleh kelompok pemuda yang berjumlah 11 orang.

“Alhamdulillah hasilnya yang sudah di rasakan," terang mantan Camat Rengel itu.

Pada kesempatan ini, Bupati menyerahkan penghargaan, antara lain kepada Pemerintah Desa atas komitmen pemberdayaan masyarakat dan pengentasan kemiskinan melalui APBDes; penghargaan pada penyelenggara TPQ dengan nilai rata - rata tertinggi pada Munaqosah 2019; dan penghargaan kepada penggerak UKM dan IKM.

Reporter : Agus
Editor     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"