Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Kamis, 16 Mei 2019

Upaya Pengembangan Desa Balun Pasca diresmikan Bupati Lamongan

Lamongan, sorotnuswantoronews.com - Desa Balun yang disebut juga Desa Pancasila yang terletak di Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan Jawa Timur mendapat kunjungan dari Dinas Pariwisata Kabupaten Lamongan pasca diresmikan Bupati Lamongan bulan April lalu.

"Hari ini ada Dinas Pariwisata yang berkunjung ke Desa Balun untuk membuat klip tentang sejarah Desa Balun dan juga kedepannya seperti apa Desa Balun ini terkait Visi Misi seorang Kepala Desa sekaligus untuk tujuan dan target utamanya adalah menciptakan Desa Balun ini sebagai upaya yang sudah ditandatangani Bupati yaitu sebagai Desa Wisata Religi, "Jelas Kusyaeri selaku Kepala Desa Balun, selasa(14/5/2019)


Desa Balun atau Desa Pancasila adalah desa yang memiliki tempat 3 tempat peribadatan yang berhadap-hadapan dan berdampingan dari lembaga agama yang berbeda yaitu Hindu, Islam, Kristen yang saling hidup rukun dan toleransi umat beragama yang tinggi.

Selain itu ada sebuah makam yang dituakan dikenal sebagai makam Mbah Alun yang mengandung nilai sejarah murni berkaitan dengan adanya Desa Balun, dan banyak dikunjungi peziarah dari berbagai wilayah baik lokal maupun interlokal.

Menurut Kusyaeri kunjungan Dinas Pariwisata ini merupakan tindak lanjut dari upaya promosi keluar, agar Desa Balun ini nantinya bisa dikunjungi banyak wisatawan baik Domestik maupun Regional.


"Artinya ketika wisatawan mau berkunjung ke Desa Balun ini ada pendapatan yang masuk untuk desa tapi tujuan utama terkait kunjungan Dinas Pariwisata yang datang kesini hari ini," imbuhnya.

"Ini sudah kami rencanakan kami sudah membentuk tim yang bekerja didalamnya, artinya kita sudah membentuk Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) dan bekerjasama dengan dinas terkait dan juga teman-teman yang ada di BUMD desa itu semua kita libatkan artinya semua warga masyarakat Balun khususnya remaja yang diprakarsai Karang Taruna yang kita libatkan dan itu meliputi teknis yang ada dan tujuannya tidak lain adalah menciptakan pengembangan sebagai edukasi, selanjutnya bahwa Desa Balun ini memang layak disebut Desa Pancasila sekaligus Desa Wisata Religi,"Jelas Kusyaeri.


Kusyaeri menambahkan, upaya awal untuk pembangunan kami sudah ciptakan lapangan yang sudah kita kondisikan dengan baik, kami sudah adakan pemadatan disana untuk para pedagang yang ada di lokasi supaya tidak becek dan tidak kehujanan.

"nanti kita siapkan semua dan juga ada papan nama Acrilic untuk Desa Balun yang kalau malam bisa menyala itu juga akan dibangun disini sebagai upaya tahap awal yang nantinya akan ditindak lanjuti untuk pekerjaan selanjutnya, "pungkasnya.

Reporter : Ida Dwi Rokhmah
Editor     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"