Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Minggu, 12 Mei 2019

Festival Melon Perdana Di Meriahkan Dengan Gunungan 4,5 Ton Melon Di Kabupaten Tuban

Tuban, sorotnuswantoro.com - Sebagai wujud rasa syukur atas panen melon yang di peroleh, para petani yang tergabung dalam Komunitas Petani Melon menggelar Festival Melon 2019, Sabtu ( 11/05/2019 ) sore. Berlokasi di lapangan Desa Klotok, Plumpang, sebanyak 4,5 ton melon di susun menjadi gunungan besar untuk selanjutnya di bagikan gratis kepada warga yang hadir.

Rangkaian acara Festival Melon 2019 di mulai pagi hari di awali dengan panen melon bersama Gubernur Jatim, Bupati Tuban, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jatim dan Kabupaten Tuban serta sejumlah pejabat lainnya.

Camat Plumpang, Saefiyudin, S.STP, M.AP., menyampaikan rasa syukur atas panen yang di peroleh masyarakatnya. Festival melon yang baru pertama kali di gelar ini di maksudkan untuk memperkenalkan potensi buah melon di Kecamatan Plumpang.

" Alhamdulillah, Kecamatan Plumpang telah berhasil menjadi pilot project Kabupaten Tuban kaitannya dengan budidaya dan pertanian melon. Meski demikian, kami akan tetap mengevaluasi apa - apa saja yang perlu di benahi," paparnya.

Saefiyudin menyatakan buah melon Kecamatan Plumpang memiliki keunggulan yaitu manis, renyah, dan segar." Bahkan melon Plumpang di jual hingga ke Singapura berkat bantuan pengepul," tambahnya.

Kedepannya, Festival Melon ini akan dicanangkan menjadi agenda tahunan. Pemerintah Kecamatan Plumpang juga telah berkoordinasi dengan Pemeritah Desa di wilayah Plumpang bagian selatan, diantaranya Magersari, Klotok, Kedungsoko, dan Bandungrejo.

Camat Plumpang juga menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Jatim atas kesempatan yang di berikan kepada petani melon untuk meningkatkan kualitas petani dan mengembangkan varietas melon di Kecamatan Plumpang.


Sementara itu, perwakilan Komunitas Petani Melon, Suhartoyo menerangkan bahwa gunungan melon merupakan iuran dari petani melon di empat Desa. Iuran melon yang terkumpul hingga 4,5 ton tersebut disusun menjadi 1 gunungan raksasa dan 4 gunungan kecil.

Sebelumnya, pada acara panen melon, Gubernur Jatim mengajak perwakilan petani melon Plumpang untuk mengikuti panen melon prima di Sidoarjo pekan depan. Melon prima itu sendiri merupakan hasil pengelolaan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jatim yang memiliki kualitas ekspor.

Rangkaian Festival Melon di tutup dengan Lomba Musik Tongklek yang pesertanya berasal dari Kabupaten Tuban, Bojonegoro dan Lamongan. Para peserta akan berlomba memperebutkan piala dan uang pembinaan.

Reporter : Agus
Editor     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"