Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Rabu, 22 Mei 2019

Percepat Pelayanan, Disdukcapil Lamongan Luncurkan Program Baru

Lamongan, sorotnuswantoronews.com - Program baru, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Lamongan targetkan tahun ini Pembuatan atau pengurusan Kartu Keluarga (KK) dapat dilakukan di setiap kantor kecamatan se Kabupaten Lamongan. Setiap kecamatan akan dilengkapi peralatan untuk Tanda Tangan Elektronik (TTE).

"Program baru yang dilaksanakan oleh Dukcapil Lamongan adalah yang pertama program KTP, saat ini sudah ada printer di 14 kecamatan, supaya masyarakat sudah tidak jauh-jauh lagi ke pusat kota untuk mengurusnya"Ungkap Sugeng Widodo,S.Sos,.MM selaku Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lamongan saat ditemui di ruangannya, Selasa (21/05/2019).

Menurutnya program baru yang dilaksanakan ini sebagai upaya untuk mempercepat pelayanan pada masyarakat yang berada di wilayah jauh dari pusat kota Lamongan.

"Untuk program baru yang kedua yaitu penandatanganan Kartu Keluarga secara electronik atau disebut juga tandatangan elektronik berupa Barcode yang sekarang sudah diterapkan di 2 kecamatan yaitu Kecamatan Modo dan Kecamatan Sukorame yang terbilang jauh dari pusat kota Lamongan dan nanti akan berkembang ke Kecamatan lainnya,"Jelasnya.

Beliau menambahkan bahwa yang terpenting dalam tahun ini semua sudah bisa tanda tangan elektronik, semua bisa mengurus KTP dan KK di Kecamatan pada intinya.

Dalam hal ini yang terpenting dari program baru ini bisa mendekatkan pelayanan kepada masyarakat disamping mempercepat pelayanan tersebut.


"kalau cepat kan orang tidak perlu datang ke pusat kota Lamongan,disamping itu lebih murah, dalam artian disini orang tidak perlu mengeluarkan biaya atau ongkos untuk jauh-jauh datang ke kota cukup sampai kecamatan setempat saja"Ujarnya.

Menurut Sugeng untuk proses pencetakan yang sesuai SOP hanya 3 hari, namun dengan adanya tandatangan elektronik meskipun ada SOP bisa lebih cepat mungkin bisa 1 atau 2 hari sudah jadi, kalau KTP selama orang itu sudah tunggal atau siap cetak, pada hari yang sama akan di cetak.

Reporter : Ida Dwi Rokhmah
Editor     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"