Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Jumat, 10 Mei 2019

Bupati Tuban Menekankan Pemimpin Harus Dambakan Kondisi Rakyatnya Semakin Meningkat

Tuban, sorotnuswantoronews.com - Balai Desa Mulyorejo, Kecamatan Singgahan menjadi lokasi ketiga kunjungan Bupati Tuban H. Fathul Huda yang di dampingi istri pada Safari Ramadhan Tilik Desa 1440/2019, Kamis ( 09/05/2019 ).

Hadir jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah ( Forkopimda ), Kepala Kantor Kementerian Agama, Kepala Organisasi Perangkat Daerah ( OPD ), Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan ( Forkopimka ) dan masyarakat dari Kecamatan Singgahan dan Parengan pada kesempatan itu.

Mengawali sambutannya, Bupati tekankan upaya peningkatan kesejahteraan dan pelayanan masyarakat di Kabupaten Tuban.

“ Pemimpin harus mendambakan kondisi rakyatnya semakin meningkat,” tutur Bupati dalam sambutanya.

Lebih lanjut Bupati Huda menyampaikan upaya penanganan kemiskinan dan peningkatan pemberdayaan masyarakat harus dilakukan secara sistematis dan terus menerus.

“ Kesejahteraan masyarakat miskin harus lebih di tingkatkan dengan program keluarga harapan, atau program yang lain dari Pemerintah,” tegas Bupati.

Program keluarga harapan merupakan bantuan untuk keluarga miskin yang terdapat beberapa komponen di dalam ya, di antaranya ada anggota keluarga yang hamil, lansia dan anak Sekolah untuk memanfaatkan fasilitas kesehatan dan fasilitas layanan pendidikan serta penyandang disabilitas dan lanjut usia untuk mempertahankan taraf hidupnya.

“ Saya harap keluarga yang belum terdaftar PKH segera di data dan di usulkan agar penerimaannya semakin merata,” pinta Bupati.

Selanjutnya, Bupati Huda, sapaan akrabnya menuturkan bahwa saat ini telah dilaksanakan sinergitas APBD dan APBDes dalam rangka pembangunan Rumah Tidak Layak Huni ( RTLH ). Tidak hanya itu, pelaksanaan program RTLH juga akan terus di pantau.

“ Saya juga akan meminta laporan program RTLH ini,” terangnya.

Bupati Huda juga menekankan bahwa dalam upaya pengentasan kemiskinan di perlukan data yang valid agar dapat di ukur dengan jelas perkembangannya.

Pada kesempatan yang sama, Camat Singgahan Drs. Dhani Ramdhani mengatakan bahwa Kecamatan Singgahan telah mengembangkan pemberdayaan berbasis masyarakat melalui program Desa wisata.


“ Kecamatan singgahan kaya akan wisata alam yang sekarang dikembangkan menjadi  bumi perkemahan dan pemandian air hangat,” papar Camat Dhani.

Lebih lanjut, Camat yang memimpin 12 Desa ini mengatakan bahwa Indeks Kepuasan Masyarakat Kecamatan Singgahan dengan rata - rata 78,71 persen masuk dalam kategori baik yang di karenakan sinergitas dan keharmonisan dari seluruh unsur elemen dari Kecamatan Singgahan terjalin dengan baik.

Sedangkan berkaitan dengan pilkades di Kecamatan Singgahan dari 12 desa ada 10 desa yang ikut Pilkades serentak.

“ Telah dilakukan pengundian nomor dan penetapan 24 calon kepala Desa,” papar Camat Dhani.

Perlu di ketahui pada Safari Ramadhan hari ketiga ini di berikan berbagai bantuan dan penghargaan antara lain  atas pemberdayaan masyarakat dan pengentasan kemiskinan melalui  APBDes, Penyelenggara Munaqosah dengan nilai tertinggi, prestasi pengelolaan wisata berbasis masyarakat, pelopor pembentukan kawasan Desa wisata dan penggerak usaha IKM dan UMKM.

Pada kesempatan yang sama dilakukan penandatanganan wisata kolam renang Tirto Mulyo Kecamatan Singgahan oleh Bupati Tuban, kemudian acara ditutup dengan Tausiyah, Buka Puasa Bersama dan Sholat Maghrib berjamaah.

Reporter : Agus
Editor     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"