Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Jumat, 03 Mei 2019

Profil Balai Penyuluhan Pertanian Saptosari juara I Berprestasi D.I.Yogyakarta

Yogyakarta, sorotnuswantoronews.com - Gedung BPP saptosari dibangun pada tahun 2010 dengan menggunakan fasilitas FEATI. Gedung BPP Saptosari berdiri diatas tanah seluas 6000m2 digunakan untuk bangunan bpp seluas 120m2, sedang sisanya dimanfaatkan untuk lahan percobaan bpp. Pemanfaatan gedung BPP untuk Kantor Penyuluhan Pertanian, Klinik Konsultasi Agrobisnis, Pelatihan petani dan penyuluhan serta untuk media percobaan petani di wilayah Saptosari.

Sedang lahan BPP seluas 5880m2 digunakan untuk kegiatan budidaya tanaman minor,kaji terap bawang merah, kajiterap cabai, kajiterap terong, deplot jagung, deplot kedelai, deplot padi, deplot bawang merah, deplot cabai, budidaya lele lahan kering sestem terpal (LELAKI SINTAL), Percontohan Tebulpot, percontohan kandang kambing serta menunjang UPSUS Pajale babe.

Balai penyuluhan pertanian Saptosari yang beralamatkan di jln Wonosari Panggang km 21 Dusun Jetis,Saptosari, Gunungkidul, D.I.Yogyakarta. Sedangkan untuk struktur organisasi BPP sendiri untuk Koordinator Sriyatun, STP, Petugas POPT: Jayadi,SP untuk pengumpul data Sardi,SP penyuluh Desa Kepek dan Playen Sriyatun,SIP. Penyuluh desa Ngloro dan Jetis Sutriani,A,Md, Penyuluh Desa Monggol dan Kanigoro Retno Wulan U,SP serta Penyuluh Desa Krambil sawit Imron Alrosid,S, Pt. Dengan email BPP: bppsaptosari@gmail.com.

BPP Saptosari mempunyai wilayah seluas 8782.4659 Ha terdiri dari Tegal 6450,1471 Ha. Pekarangan 831,8824 Ha dan lain lain 245,421 Ha. Lahan tersebut mempunyai kemiringan 0-8" sebanyak 15% ;4-14" sebanyak 25%; 15-39" sebanyak 35%;40-59" sebanyak 15%;>60°sebanyak 10%.

Binaan kelompok BPP Saptosari terdiri dari  kelompok Tani Tanaman Pangan sebanyak 98 kelompok (terdiri dari kelompok pemula 17 kelompok,lanjut 58 kelompok,madya 20 kelompok dan utama 3), Kelompok Wanita tani sejumlah 30 kelompok terdiri dari kelompok pemula 26 kelompok;lanjut 4 kelompok.Kelompok Ternak sejumlah 29 kelompok yang terdiri dari kelompok pemula 26 kelompok; lanjut 4 kelompok .Kelompok Ternak sejumlah 29 kelompok yang terdiri dari klas pemula 23 dan lanjut 6 kelompok.

Seluruh Gapoktan di wilayah binaan BPP Saptosari sudah mendapatkan bantuan dana sebesar 100 juta masing masing kelompok dalam program PUAP.LKM di bawah pengawasan Gapoktan telah mengelola dana tersebut sehingga bisa berjalan dan berkembang sampai sekarang. Disamping program PUAP  Gapoktan di wilayah Saptosari juga mengelola kegiatan FEATI,P2KP, Lumbung pangan,akses pangan dan Mandiri Pangan yang besarnya bervariasi untuk masing masing Gapoktan.

Dalam rangka mendukung program pemerintah UPSUS PAJALE BABE SIWAB, BPP Saptosari juga mendampingi serta membina kelompok tani dalam budidaya Padi gogo seluas 3693 Ha dengan menghasilkan provitas 40,4 kwt/Ha, Jagung seluas 4865 dengan provitas 44,3 kwt/Ha, Kedelai seluas 60 Ha dengan provitas 11,4 kwt/Ha, Bawang merah seluas 5 Ha dengan provitas 90,3 kwt/Ha dan Cabe seluas 10 Ha dengan produksi 33,5 kwt/Ha.

Dalam mendukung program SIWAB penyuluh berperan aktif dalam menyampaikan kebijakan pemerintah  selain itu  disampaikan kepada petani tentang pola budidaya sapi,pakan serta selalu bekerjasama dengan puskeswan untuk  mensuseskan program SIWAB.

Balai Penyuluhan Pertanian mendampingi kelompok tani Sido Makmur yang beralamatkan di Dusun Wareng, Kepek,Saptosari mengembangkan bawang merah lokal. Kelompok ini mampu pengembangan bawang merah lokal dan mampu mensuplai kebutuhan bibit bawang merah di sekitar Saptosari.

Dengan bimbingan BPP Saptosari dan bekerjasama Balai Pengkajian  Tehnologi  Pertanian berhasil mempatenkan bawang merah tersebut dengan nama "BAWANG MERAH SAPTOSARI" .Hampir semua anggota kelompok Sido Makmur memproduksi benih bawang merah,dengan produksi benih bervariasi  untuk masing masing anggota.

Repoter : Supriyanto
Editor    : Mas Pay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"