Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Jumat, 03 Mei 2019

Pemerintah Kabupaten Tuban Melaksanakan Lomba Taman Posyandu

Tuban, sorotnuswantoronews.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban melaksanakan lomba Taman posyandu, sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas Taman posyandu sebagai penilaian dan evaluasi perkembangan kegiatan taman posyandu yang telah di laksanakan di Kabupaten Tuban.

program taman posyandu adalah layanan posyandu yang terintegrasi dengan Pos Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) dan Bina Keluarga Balita ( BKB )  taman posyandu merupakan pengembangan posyandu berstrata purnama atau mandiri yang diberi layanan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) dan pengasuhan balita oleh orang tua dikelompok BKB sehingga balita akan mendapatkan layanan secara menyeluruh baik Kesehatan stimulan pendidikan dan pengasuhan oleh orang tuanya.

Kasi Promkes dan Pemmas pada Dinkes Tuban Windu Budiati.SKM pada Wartawan memaparkan bahwa ” Lomba Taman posyandu ini bertujuan untuk  terbinanya kegiatan Taman posyandu dari segenap unsur baik dari posyandu, BKB dan PAUD, dapat di optimalkannya kegiatan Taman posyandu di masing - masing Desa, serta terseleksinya Taman posyandu sebagai pelaksana kegiatan yang terbaik di Kabupaten Tuban, dan pelaksanaan dari lomba taman posyandu ini di laksanakan setiap 2 tahun sekali.” terang Windu Budiati.


Saat ini ada  6 Taman Posyandu yang lolos seleksi di tingkat kabupaten Tuban, penilaiannya meliputi 1.tanggal 22 April 2019 di  Taman Posyandu Lily, Puskesmas Klotok Desa Sembungrejo Kecamatan Plumpang, 2.Tanggal 23 april 2019 di Taman posyandu Bakti Mulya, Puskesmas Tambakboyo Desa Kenanti Kecamatan Tambakboyo, 3. Tanggal 24 April 2019 di taman posyandu Melati Puskesmas Jenu Desa Wadung Kecamatan Jenu, 4. Tanggal 24 april 2019 di Taman Posyandu Buah Hati Puskesmas Sumurgung Desa Dawung Kecamatan Palang, 5.tanggal 29 April 2019 di Taman posyandu Kamboja 1 Puskesmas Rengel Kecamatan Rengel,6.Tanggal 03 Mei 2019 di Taman Posyandu Tulip Puskesmas Bangilan Desa Ngrojo Kecamatan Bangilan.

Materi penilaian dengan kriteria penilaian lomba taman posyandu yang berkaitan dengan kegiatan posyandu, termasuk Deteksi Dini Tumbuh Kembang ( DDTK ) ,Bina Keluarga Balita ( BKB ) dan Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ).

Tim penilai terdiri dari unsur Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan masyarakat, Seksi Gizi, Seksi Kesehatan Keluarga. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan KB Kabupaten Tuban. Himpaudi Kabupaten Tuban dan TP PKK Kabupaten Tuban.

Reporter : Agus
Editor     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"