Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Rabu, 20 Mei 2020

Bansos bersumber dari APBD sudah mulai di cairkan

Yogyakarta, SNN.com - Bantuan Covid DIY yang bersumber dari APBD DIY untuk masyarakat terdampak mulai di gulirkan, seperti nampak di Kantor Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta ( 19/05/2020).

Diataranya untuk  wilayah Umbulharjo Kota Yogyakarta total 1638 KK dengan rincian Kelurahan Giwangan 230, Muja- Muju 231, Warungboto 158, Pandeyan 289, Tahunan 219, Semaki 90 dan Sorosutan 421 terbagi dalam 3 hari pelaksanaan di mulai tanggal 19 Mei sampai dengan 21 mei 2020.

Moh Sofwan S.IP koordinator kegiatan menyampaikan bahwa jumlah total penerima bantuan Covid dari Pemda DIY sejumlah 1638 KK terdiri dari 7 kelurahan di wilayah Umbulharjo, di bagi dalam 3 hari agar tidak terjadi kerumunan massa.

"Bantuan Covid DIY di Kecamatan Umbulharjo total 1638 terdiri dari 7 kekurahan, kita bagi 3 hari agar proses pemberian bantuan lancar dan tidak ada kerumunan massa, "kata Sofwan kepada wartawan.

 Sofwan juga menambahkan , bahwa tahap pertama bantuan berupa uang tunai 400 rb dan selanjutnya tahap 2 dan 3 melalui rekening BPD DIY.

"tahap pertama berupa uang tunai 400 rb dan selanjutnya tahap 2 dan 3 melalui rekening BPD DIY, " imbuh Sofwan.


Sementara itu Agus Cantel personil Katana  ( Kalurahan Tangguh Bencana) yang terlibat dalam pengamanan kegiatan menyampaikan bahwa Katana di wilayah Kecamatan Umbulharjo membantu kelancaran kegiatan agar masyarakat yang datang tertib dan patuh terhadap himbauan Pemerintah untuk jaga jarak dan memakai masker.

" secara bergantian kami personil Katana membantu kelancaran kegiatan bersama dengan jajaran Polsek Umbulharjo dan Koramil Umbulharjo" kata  Agus di sela- sela kegiatan.

Walaupun di hari pertama nampak ada sedikit kerumunan karena tidak sabarnya masyarakat untuk mengantri tetapi dapat segera di atasi dengan kesigapan petugas dari Polri, TNI, relawan Katana BPBD kota dan Petugas dari Puskesmas Umbulharjo 1 dan Puskesmas Umbulharjo 2.

Gita Anjarwati dan Fathurohman masing-masing petugas dari Puskesmas Umbulharjo 2 dan Puskesmas Umbulharjo 1 menyampaikan , bahwa Protokol kesehatan harus tetap di taati dalam kegiatan ini, masyarakat yang datang wajib memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan jaga jarak.

"protokol kesehatan wajib di taati, wajib pakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan jaga jarak" imbuh Gita Anjarwati.

Fatur juga menambahkan , bahwa selain wajib mematuhi protokol kesehatan di lakukan juga pengukuran suhu oleh petugas Puskesmas, jika ada yang demam atau suhu tinggi akan di lakukan Screening dan anjuran untuk periksa ke layanan kesehatan.

" kami lakukan pengukuran suhu dan screening untuk masyarakat yang terdeteksi demam atau suhu tinggi, kami edukasi dan anjurkan untuk segera periksa di layanan kesehatan" imbuh Fatur.

Petugas Kesehatan terjadwal bergantian untuk pengukuran suhu dan pemantauan selama kegiatan berlangsung, beberapa nama petugas dari Puskesmas Umbulharjo 2 dan Puskesmas Umbulharjo 1 terjadwal rapi sesuai shift yang telah di bagi, nampak untuk petugas berikut Fitri Muji Astuti dan Erna Rahmawati siap untuk melanjutkan tugas shift siang.

Acara berlangsung aman tertib dalam pengawasan langsung Camat Kecamatan Umbulharjo Drs.Rumpis Trimintarta beserta jajaran dan Personil Polsek Umbulharjo serta Koramil Umbulharjo.

Reporter : Gie Raharjo
Editor     : Mas Pay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"