Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Kamis, 21 Mei 2020

Puskesmas Kraton Yogyakarta Lakukan Edukasi ke Pasar

Yogyakarta, SNN.com - Pasar adalah tempat bertemunya berbagai macam orang dengan latar belakang daerah dan asal yang sulit untuk di ketahui. Salah satu sasaran edukasi yang tepat sasaran dan langsung kepada masyarakat adalah pasar.

Salah satu upaya edukasi dan sapaan langsung ke masyarakat khususnya pasar di lakukan oleh Diyan Purwaningsih dan Asep Saiful Rochim, keduanya adalah staff Puskesmas Kraton Yogyakarta di bagian Surveilans Kelurahan , Kamis ( 21/05/2020 )

Diyan Purwaningsih menyampaikan bahwa Surveilans Kelurahan adalah Petugas Puskesmas yang melakukan pemantauan berkala dan terus menerus di wilayah yang berpotensi menimbulkan masalah kesehatan.

"Kami petugas kesehatan dari Puskesmas sebagai Surveilans Kelurahan, dimana tugas kami memantau wilayah yang meliputi masalah kesehatan, jadi apa saja yang berpotensi menimbulkan masalah kesehatan itu dalam pantauan kami untuk selanjutnya kami laporkan ke Kepala Puskesmas untuk di tindak lanjuti, "kata Diyan kepada wartawan.


Asep Saiful Rochim atau biasa di panggil Bang Ipul juga menambahkan , bahwa sesuai dengan ketugasan,sudah sejak bulan April melakukan pemantauan wilayah terkait pandemi Covid-19 dan edukasi langsung kepada masyarakat tentang Covid-19, dan hari ini sasaran adalah pasar Ngasem yang terletak di kelurahan Patehan Kecamatan Kraton Yogyakarta.

"Sudah sejak bulan April kami Petugas Lapangan Puskesmas melakukan kegiatan pemantauan khusus Covid-19 dan hari ini kami menyasar Pasar Ngasem untuk melakukan edukasi langsung kepada masyarakat pasar Ngasem khususnya dan kami tempel beberapa Poster yang berkaitan dengan kesehatan dan Covid-19, "imbuh Bang Ipul.

Agus salah satu pedagang Snack di Pasar Ngasem merasa sangat beruntung dan berterimakasih kepada petugas puskesmas yang telah memberikan edukasi langsung kepada masyarakat pasar sehingga menjadi lebih paham dengan Covid-19.

"Terimakasih kepada petugas puskesmas yang rutin melakukan kunjungan ke wilayah dan pasar untuk memberikan pemahaman yang benar tentang wabah yang baru  terjadi,kami menjadi lebih paham dan mengerti, "pungkas Agus.

Reporter : Gie Raharjo
Editor     : Mas Pay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"