Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Jumat, 22 Mei 2020

Kepala Desa Kuripan Salurkan BLT-DD kepada 155 KK, Ini Harapannya

Lamongan, SNN.com - Bantuan Langsung Tunai ( DD) untuk bulan April sebesar 600 Ribu telah di cairkan Pemerintah Desa Kuripan, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan, Jumat (22/5/2020).

Keluarga Penerima Manfaat BLT DD Tahap Pertama di Desa Kuripan berjumlah 155 penerima dan masing-masing penerima mendapatkan Rp 600 ribu per bulan selama tiga bulan yakni Bulan April, Mei dan Juni 2020.

Sesuai dengan peraturan dan intruksi Presiden Republik Indonesia I.r Joko Widodo, bahwa bantuan ini harus secepatnya untuk di cairkan serta di permudah untuk prosesnya sebelum tanggal 24 mei atau sebelum hari Raya. Dan tepat sasaran artinya orang yang benar-benar terdampak dan tidak penerima Ganda.

Muhammad Eko Harianto Kepala Desa Kuripan mengatakan pihak Pemdes Kuripan telah menyelesaikan berbagai tahapan sesuai ketentuan terkait pencairan BLT DD Tahap Pertama ini tepat waktu, sehingga penyerahan dana bisa dilaksanakan sebelum hari raya Idul Fitri.

“Alhamdulillah semua proses telah terlewati sehingga pada hari ini dapat diserahkan BLT-DD Tahap Pertama ke seluruh penerima. Adapun teknis penyerahan  sesuai dengan prosedur pencegahan Covid-19, ”Katanya.

Eko berpesan kepada seluruh Masyarakat Desa yang menerima Bantuan langsung Tunai Dana Desa ini, benar-benar di manfaatkan sesuai kebutuhan masyarakat.

“Mengingat kita belum tau sampai kapan dampak virus Corona ini akan berahir. Bantuan langsung Tunai ini diberikan kepada Warga miskin yang belum menerima PKH, Warga yang belum menerima Bantuan  Pangan Non Tunai (BPNT) dan BST, ” ucapnya.


Eko lebih lanjut menjelaskan, ada beberapa bantuan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat untuk menghadapi dampak pandemi Covid-19, diantaranya ada bantuan BLT-DD, Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

"Masyarakat sebagai penerima bantuan harus tahu bahwa hanya bisa menerima satu jenis bantuan, tidak bisa double, ini disampaikan agar tidak terjadi kesalahpahaman antara masyarakat penerima bantuan dengan pemerintahan desa", jelasnya.

Lanjut ia mengatakan dengan adanya bantuan ini, masyarakat Desa Kuripan bisa sedikit terbantu dalam hal memenuhi kebutuhan ditengah menghadapi pandemi yang sedang berlangsung apalagi menjelang lebaran Idul fitri tentunya banyak kebutuhan masyarakat.

”Saya berharap kepada masyarakat Desa yang telah mendapat bantuan BLT ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik baiknya, setidaknya bisa meringankan sedikit beban kebutuhan ekonomi sehari-hari khususnya yang kena dampak Pandemi ini, "Tambahnya

Mengakhiri keterangannya ia mengimbau agar masyarakat tetap mentaati himbauan yang sudah di keluarkan pemerintah, salah satunya pakai masker, jaga Jarak, cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.

“Semoga Covid-19 ini, secepatnya bisa berlalu dan kita bisa beraktifitas seperti sedia kala, "pungkasnya.

Acara ini juga dihadiri oleh Camat Babat Ir. Mulkan, MM, Babinsa, babinkamtibmas, BPD, Pendamping Desa, seluruh perangkat, tokoh masyarakat, dan penerima bantuan BLT DD.

Reporter : Zaenal
Editor     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"