Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Rabu, 20 Mei 2020

Himbauan Bupati Tuban Jelang Idul Fitri 1441 H Saat Pandemi Covid -19

Tuban, SNN.com - Pemkab Tuban menetapkan himbauan yang harus di ikuti jelang perayaan Idul Fitri 1441 H di tengah pandemi Covid -19. Hal ini di maksudkan sebagai upaya pencegahan dan memutus rantai penyebaran Covid -19.

Bupati Tuban, H. Fathul Huda menghimbau kepada masyarakat dalam merayakan Idul Fitri tahun ini lebih menekankan pada substansinya.“ Idul Fitri memiliki makna kembali ke fitrah,” paparnya, Rabu ( 20/05/2020 ).

Pemkab Tuban juga telah mengeluarkan Surat Edaran terkait Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1441 H/ 2020 M. Kegiatan terkait dengan Idul Fitri dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan.

Bupati Tuban mengungkapkan pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1441 H tidak harus dilakukan secara berjamaah. Sholat Idul Fitri dapat dilakukan berjamaah dengan keluarga di rumah maupun sendiri ( munfarid ).

Hal ini sesuai dengan Fatwa MUI Nomor 28 Tahun 2020 tentang Panduan Kaifiat Takbir dan Sholat Idul Fitri saat Pandemi Covid -19. Masyarakat juga di minta untuk tidak menggelar pawai takbir keliling, baik berjalan kaki maupun menggunakan kendaraan.


Bagi masyarakat maupun pengurus Masjid yang tetap menyelenggarakan Sholat Idul Fitri berjamaah, harus mendapat pengamanan dari personil TNI, Polri dan Tenaga Medis. Di samping itu, menerapkan protokol kesehatan, diantaranya mewajibkan jamaah menggunakan masker, menjaga jarak aman 1 meter, menyediakan sarana cuci tangan dan thermal gun.

“ Apabila tidak dapat memenuhi syarat tersebut, di himbau untuk tidak melaksanakan Sholat Idul Fitri berjamaah baik di Masjid, Mushola, maupun tanah lapang,” jelasnya.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Bumi Wali ini menghimbau pelaksanaan silaturrahmi atau saling memaafkan tidak harus dilakukan dengan datang ke rumah. Silaturahmi dapat memanfaatkan berbagai teknologi dan media yang ada.

Bupati Tuban mengajak masyarakat untuk mengevaluasi diri dan mengambil hikmah atas kejadian yang terjadi. Memperbanyak istighfar, memohon kepada Allah SWT, agar pandemi Covid -19 segera  sirna dari Bumi Wali dan Negara Indonesia.

Reporter : Agus
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"