Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA




Kamis, 15 April 2021

Akibat Curah hujan Tinggi, 5 Desa Kecamatan Lengkong Terendam Banjir


Nganjuk, SNN.com - Akibat curah hujan yang tinggi di wilayah kabupaten Nganjuk terutama kecamatan Lengkong beberapa desa menjadi langganan banjir (14/04/21).

Lima (5) desa yang terendam banjir di kecamatan Lengkong yaitu Desa Banjardowo dan Lengkong yang paling parah, dan tiga (3) desa lainnya juga terendam yakni Desa Jegreg, Desa Balongasem dan Desa Kedung Mlaten.

Ketika awak media berkunjung ke kantor kecamatan Lengkong pun tak luput dari rendaman banjir.

Camat Lengkong Sugeng Dono Prasojo ketika ditemui awak media mengatakan banjir yang melanda di 5 desa itu akibat curah hujan yang terlalu tinggi dan hutan kengkeng yang saat ini sudah menjadi gundul akibat penebangan liar beberapa tahun yang lalu sehingga air yang dari pegunungan bablas langsung kecewa tidak ada yang menahan karena tanaman nya sudah minim.

"Salah satu penyebab banjir ini adalah hutan kengkeng yang ada di kecamatan Lengkong sudah gundul sehingga air hujan langsung mengalir ke pemukiman warga," ujar Camat Lengkong.


Kepala Desa Banjardowo Warsidi ketika ditemui awak media mengatakan, di desa nya sudah lama tidak terjadi banjir, banjir terjadi salah satu penyebabnya adalah grainase saluran air yang kurang memadai dan perlu banyak pembenahan.

Sementara Gunarto Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Nganjuk ketika dikonfirmasi awak media di Kecamatan Lengkong mengatakan, Kantor Kecamatan Lengkong pun tak luput dari genangan air akibat curah hujan yang tinggi dan mencapai ketinggian 20 cm, dan BPBD turun langsung ke lokasi untuk memberikan bantuan sebagai penanggulangan bencana dengan membuat tanggul sementara.

Menurut Gunarto, selain Kecamatan Lengkong banjir juga terjadi di Kecamatan Bagor Nganjuk, yang melanda Di desa  Petak namun sudah bisa teratasi.

Dari pantauan team Sorotnuswantoro, banjir juga menggenangi Kantor Kecamatan Lengkong, rumah warga Banjardowo dan rumah warga Lengkong.

Reporter : Widodo
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"