Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA




Rabu, 28 April 2021

Dukungan Masyarakat Terhadap Visi Dan Misi Pemerintahannya, Di Apresiasi Bupati Tuban


Tuban, SNN.com - Bupati Tuban, H. Fathul Huda, menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang telah berpartisipasi menyukseskan visi misi Pemkab Tuban, salah satunya adalah mewujudkan masyarakat Kabupaten Tuban yang religius. Sedangkan salah satu tolok ukurnya adalah keberhasilan Kafilah Bumi Wali meraih Juara Umum MTQ Provinsi Jawa Timur tahun 2019.

Ungkapan rasa syukur dan apresiasi Bupati Fathul Huda di sampaikannya pada kegiatan Safari Ramadhan Bupati dan Wabup Tuban di Kecamatan Montong di Pendapa Kecamatan Montong, Selasa ( 27/04/2021 ).

Bupati memberikan pujian kepada salah satu kafilah Bumi Wali bernama Rofiatul Muna, salah satu warga Pucangan, Montong yang mengantarkan Kabupaten Tuban meraih Juara Umum MTQ Tingkat Provinsi Jawa Timur. Tidak hanya itu, Rofiatul Muna di nobatkan sebagai juara 1 cabang tilawah dewasa putri pada MTQ Nasional ke -28 tahun 2020 di Sumatera Barat.

“ Ini menjadi lompatan prestasi yang membanggakan Bumi Wali, juga menjadi kebanggaan tersendiri bagi Kecamatan Montong,” paparnya.

Atas keberhasilannya, Bupati Huda secara khusus memberikan penghargaan berupa biaya ibadah Umroh.

Pemkab Tuban tiap tahun mengalokasikan anggaran sebesar Rp15,2 miliar untuk hibah fasilitas Taman Pendidikan Al-Qur’an ( TPQ ) kepada 426 lembaga. Dari jumlah lembaga tersebut di tahun 2021 Kabupaten Tuban memiliki jumlah santri mencapai 140.913 orang.


Selain bidang keagamaan, Pemkab Tuban juga terus berupaya meningkatkan kualitas SDM melalui penguatan sektor Pendidikan. Tercatat hibah Madrasah dan Sekolah swasta lainnya sampai dengan tahun 2021 telah di berikan kepada 986 lembaga dengan nilai Rp.43,2 miliar.

“Juga di alokasikan anggaran untuk insentif guru honorer, guru PAUD, dan guru TPQ,” sambungnya.

Pria ramah kelahiran Montong ini menekankan pentingnya refleksi dan evaluasi atas capaian yang di raih selama ini. Dengan melakukan refleksi akan di ketahui kekurangan terhadap program yang di kembangkan. Di samping itu, dapat di perbaiki dan terus di tingkatkan agar memperoleh dampak positif yang lebih optimal.

Sementara itu, Camat Montong, Suwoto, dalam laporannya menyebutkan 80 persen sarana keagamaan dan lembaga pendidikan formal dan informal di Kecamatan Montong telah tercakup dalam hibah yang bersumber dari APBD Kabupaten Tuban. Di samping itu, kurang lebih 307 guru TPQ telah menerima insentif dari Pemkab Tuban.

“ Ini sangat memotivasi guru - guru untuk mengajar ilmu mereka, baik formal maupun informal,” ucapnya.

Suwoto menambahkan, Pemerintah Kecamatan bersama Pemerintah Desa setempat tengah berupaya mengembangkan agrowisata kebun jeruk di Kebun Maindu. Saat ini juga di upayakan kerja sama dengan pihak ketiga ( swasta ) guna menunjang peningkatan perekonomian masyarakat.

" BUMDes setempat di harapkan mampu menjalin kerjasama profesional sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya,” tegasnya.


Pada kesempatan ini, di serahkan bantuan Hibah Lembaga Pendidikan, Hibah Sarana dan Prasarana, Tunjangan untuk Hufadzh, serta sejumlah paket sembako dari BPNT Daerah Kabupaten Tuban, Diskoperindag Tuban, Baznas Tuban dan Kemenag Tuban.

Tampak hadir pula Ketua TP PKK Kabupaten Tuban, Ketua Dharma Wanita Tuban, Sekretaris Daerah, Kepala Kantor Kemenag Tuban. Kegiatan ini juga di ikuti Camat bersama Forkopimka Montong dan Kerek, Kepala Desa serta tokoh Agama dan Masyarakat setempat.

Reporter : Agus
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"