Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Selasa, 11 September 2018

Acara Pawai Ta'aruf Diikuti 4000 Santri, Ustad / Ustadzah Se - Kabupaten Tuban

Gambar: Acara Festival Muharram di Alon Alon Pemkab Tuban
Tuban, Sorotnuswantoronews - Lebih dari 4000 Santri dan Ustad / Ustadzah se -Kabupaten Tuban mengikuti pawai ta’aruf sebagai rangkaian acara Festival Muharram Tuban Bumi Wali, dalam rangka Peringati Tahun Baru Hijriah 1 Muharram 1440 H pada hari Selasa, (11/09/2018).

Pawai ta’aruf kali ini diikuti 33 kafilah dari 20 Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia ( BKPRMI ) se -Kabupaten Tuban,  perwakilan Lembaga Pendidikan Islam ( LPI ), Sekolah di bawah PD Muhammadiyah dan Lembaga Pendidikan Ma’arif Se - Kabupaten Tuban.

Pawai Ta’aruf Festival Muharram ini mengambil Rute Start dari depan Kantor Pemkab Jl. Kartini/Alon - alon Tuban menuju ke Jl. Veteran-Jl. Basuki Rahmat Perempatan Kembang ijo lurus menuju Jl. Sunan Kalijaga dan Finish di depan kantor Kecamatan Tuban.

Asisten Administrasi Umum Setda Tuban, Drs. Achmad Amin Sutoyo dalam laporannya menyatakan bahwa Festival Muharram dilaksanakan dengan tujuan menyemarakkan Tahun Baru Islam sebagai budaya islam yang merupakan agama mayoritas di Kabupaten Tuban. Selain itu kegiatan ini juga untuk syiar guna meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT.

“ Selain itu sebagai sarana Silaturahmi dalam memperkuat Ukhuwah Islamiyah, dan Pawai Ta’aruf merupakan bagian dari Festival Muharram Tuban Bumi Wali yang digelar sampai tanggal 18 September 2018, yang dalam rangkaiannya akan digelar berbagai acara, di antaranya Lomba Da’I Da’iyah, Lomba nasyid, Festival Band Musik Islami tingkat SMP/Mts dan SMA/SMK/MA dan sebagai pembuka Kegiatan ini adalah Pengajian dengan menghadirkan pembicara KH, Agus Ali Masyhuri ( Gus Ali ) dari Pondok Pesantren Bumi Sholawat, Tulangan, Sidoarjo. Pada Selasa malam ( 11/09/2018 ).” papar Amin.

Bupati Tuban. H. Fathul Huda menyampaikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya Festival Muharram ini sebagai rangkaian dalam memperingati Tahun Baru Islam atau Tahun Baru Hijriyah. Bupati menjelaskan bahwa memang sepatutnya sebagai umat lslam menyambut gembira dengan Tahun Barunya ini.

Fathul Huda mengajak semua yang hadir kembali mengingat jaman dahulu, kisah terjadinya Hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekkah Ke Madinah, peristiwa besar yang patut menjadi pelajaran penting umat Islam.

“ Selama 40 Tahun hidup di Mekkah, Islam belum berkembang dengan pesat, tetapi setelah Nabi Muhammad SAW berhijrah Ke Madinah, Perkembangan Islam menjadi luar biasa, saya berharap dengan Tahun Baru ini dapat menjadikan setiap orang dapat berubah menjadi pribadi yang lebih baik dari pada tahun sebelumnya.” terang Fathul Huda.

Kontributor :  Agus
Editor.          : Hidayat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"