Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Kamis, 13 September 2018

Pemerintah Kabupaten Tuban Gelar Serentak Ujian Perangkat Desa 2018

Tuban, Sorotnuswantoronews - Akhir tahun 2017 lalu Ujian Perangkat Desa telah dilaksanakan, dan 2018 ini untuk mengisi jabatan yang kosong Ujian Perangkat Desa kembali digelar serentak oleh Pemkab Tuban, Kamis ( 13/09/2018 ) sebanyak 61 Desa di 20 Kecamatan Se - Kabupaten Tuban.

Pada tahun ini ujian diikuti oleh 602 orang pelamar yang memperebutkan 64 kuota Perangkat Desa yang terdiri dari 4 lowongan Sekretaris Desa ( Sekdes ) di perebutkan 46 orang, 26 lowongan Kepala Urusan ( Kaur ) diperebutkan 244 orang, 17 lowongan Kepala Seksi ( Kasi ) diperebutkan 153 orang, dan 17 lowongan Kepala Dusun ( Kadus ) diperebutkan 158 orang.

Untuk memastikan proses ujian berjalan dengan baik, Bupati Tuban, H. Fathul Huda dan Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si, beserta Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, Dr. Ir. Budi Wiyana mengadakan peninjauan langsung atau sidak ke beberapa lokasi Ujian berbeda.

Bupati Tuban melaksanakan sidak di Kecamatan Tuban dan Kecamatan Palang, sedangkan Wakil Bupati Tuban melaksanakan Sidak di Kecamatan Semanding, Grabagan dan Rengel. Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban melangsungkan sidak di Kecamatan Montong dan Singgahan.

Bupati berharap ujian ini dapat dilakukan penyeleksian dan koreksi yang jujur, transparan sehingga hasilnya dapat diterima oleh semua pihak terkait dan tidak meninggalkan permasalahan di kemudian.

Bupati memastikan ujian Perangkat Desa kali ini tetap mengedepankan prinsip kejujuran dan keterbukaan.

Dari proses awal pembuatan soal sampai ujian berlangsung berjalan sesuai aturan yang ada, ujian Perangkat Desa berjalan dengan baik dengan pengamanan dan pengawasan maksimal dari Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan ( Forkopimka ).

Wakil Bupati juga menegaskan bahwa soal dan kunci jawaban dikirim terpisah dengan jadwal berbeda. Proses pengiriman soal ke lokasi ujian dilakukan pukul 06.00 atau 2 jam sebelum pelaksanaan ujian.

Sedangkan kunci jawaban mulai dikirim pukul 10.00 WIB. Proses distribusi soal maupun kunci jawaban mendapatkan pengawalan melibatkan unsur Polri, TNI, dan panitia pelaksana ujian Perangkat Desa, untuk konten soal pada ujian kali ini juga cukup kualified untuk menghasilkan Perangkat Desa yang berkualitas guna menjawab tantangan yang semakin kompleks saat ini, seperti dalam pengelolaan ADD dan DD yang jumlahnya sangat besar.

Wakil Bupati memastikan bahwa proses koreksi akan langsung dilakukan setelah ujian selesai dan hasilnya-pun akan langsung di umumkan. Hal ini guna mengantisipasi adanya persepsi negatif di masyarakat. Setelah proses penilaian selesai, jika di ketemukan adanya dua nilai atau lebih yang sama untuk posisi yang sama, maka akan di lakukan tes ulang. Maksimal 7 hari setelah pelaksanaan ujian hari ini.

Sekda Kabupaten Tuban, Budi Wiyana yang melangsungkan sidak di Kecamatan Montong dan Singgahan menyatakan bahwa pelaksanaan ujian terpantau lancar dan berjalan kondusif. Sekda juga menyempatkan berdialog dengan panitia ujian di kedua lokasi tersebut. Hasilnya, tidak di ketemukan adanya tindak kecurangan selama proses ujian berlangsung.

Camat Montong Suwoto.SE.MM pada Wartawan mengatakan ” harapan saya dengan di laksanakannya ujian Tulis pengisian jabatan Perangkat Desa yang masih kosong di tahun 2018 ini mendapatkan calon Perangkat yang mempunyai Komitmen, Kreatifitas dan TI yang baik agar mampu mengawal Pemerintah Desa untuk menjadi lebih baik.” Harap Bung Woto.

Reporter : Agus
Editor.     : Hidayat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"