Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Sabtu, 22 September 2018

Harga Tembakau Rajangan di Mojorejo - Bojonegoro Bergeliat

BOJONEGORO, Sorotnuswantoronews - Para petani tembakau tahun ini bisa menikmati hasil panen dengan harga jual yang sangat signifikan.

Contohnya para petani di Dusun Mojopangi,  Desa Mojorejo, Kecamatan Kedungadem,  Kabupaten  Bojonegoro - Jawa Timur yang kini tengah menikmati hasil penjualan tembakau rajangan kering.

Sukisno, salah satu pengusaha tembakau di desa setempat dan juga Kepala Dusun Mojopangi saat di temui sorotnuswantoronews.com Sabtu (22/09/18) menyebutkan, dalam setiap penjualan tembakau kering, petani bisa mengantongi uang sebesar Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta.

"Jenis tembakau yang di tanam petani di antaranya tembakau BAT dan jawa. Dalam satu hari bisa mendapat setoran tembakau jawa kering  sebanyak 1,5 ton dan jenis BAT sebanyak 2 5 ton, "jelasnya.

Kasun mengaku bahwa harga tembakau tahun ini memang sangat bagus dibandingkan tahun kemarin. Harga tembakau rajangan bisa mencapai Rp 25 ribu hingga Rp 30 ribu perkg. Dia juga berharap agar di tahun mendatang harga tembakau tetap stabil. Sehingga bisa memberikan keuntungan bagi petani tembakau di Bojonegoro.

Bahkan Kasun ini juga selain membeli tembakau rajangan, dia juga memberikan pekerjaan kepada warga dusun untuk memproses tembakau basah atau daun untuk di rajang dan dikeringkan. Sehingga warga mendapat pekerjaan dan bisa menjualnya di tempatnya serta memperoleh keuntungan lebih besar. 

Sementara itu salah satu petani yang telah menikmati hasil panen tembakau rajangan adalah Mulyono (50) warga RT 03 RT 02. Dari penjualan tembakau bisa meraup keuntungan sebesar Rp 2 juta.

"Saya bersyukur pak dari hasil penjualan tembakau bisa merasakan pendapatan yang lebih besar, "ungkapnya.

Reporter : Nastain
Editor   : Isvianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"