Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Sabtu, 29 September 2018

Bregodo Lombok Abang Mengawali Prosesi Pembukaan Cupu Panjolo

GUNUNGKIDUL, sorotnuswantoronews - Gunungkidul memang luar biasa kaya dengan seni dan budayanya, masyarakat masih kental menjunjung adat istiadat dan kearifan lokal peninggalan para leluhur.

Salah satunya Desa Girisekar Kecamatan Panggang Kabupaten Gunungkidul, masyarakat Desa Girisekar menggelar upacara adat Kirab Budaya labuhan.

Kepala Desa Girisekar Sutarpan S,ip menjelaskan kepada media di sela sela Kirap Budaya pada Sabtu (29/09/18), bahwa kirap budaya labuhan ini di adakan menjelang prosesi tabur benih dan polowijo,dengan harapan memohon kepada yang Maha Esa, agar para petani nantinya mendapatkan hasil yang melimpah dan tercukupi kebutuhan sandang dan pangannya.

"prosesi ini juga bertujuan untuk menumbuh kembangkan budaya gotong royong guyub rukun welas asih saling menghormati antara satu dengan yang lainya, siapapun dia, apapun dia, sehingga tercipta masyarakat yang ayom ayem tototiti tentram, "katanya.

Lanjut Sutarman, Prosesi ini juga merupakan rangkaian upacara adat yang adi luhung, yaitu bukaan cupu panjolo yang akan di adakan pada hari senin tanggal (1/10/18) tepatnya hari Senin Wage malem Seloso kliwon.

"saya berterimakasih kepada semua elemen masyarakat Girisekar yang tidak bisa kami sebut satu demi satu, atas partisipasinya dengan bentuk apapun sehingga super meriah, "tambahnya.

mereka rela berswadaya rela tenaga di tengah kesibukanya masing masing sehingga prosesi ini terlaksana dengan lancar.

"Girisekar ini merupakan rintisan Desa Budaya yang kaya dengan warisan budayanya, disini ada mbang lampir, ada cupu panjolo yang menjadi ikon desa Giri sekar, masih banyak lagi warisan Budaya leluhur yang ada di Desa Girisekar ini, puncak prosesi hari ini nanti malam akan di tutup dengan pertunjukan wayang kulit, "pungkas Sutarpan S,ip Kepala Desa Girisekar.

Reporter : Supriyanto
Editor   : Mas Pay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"