Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Kamis, 20 September 2018

Haul Sunan Bonang Yang ke - 509 tahun 1440 H / 2018 M

Tuban, sorotnuswantoronews - Haul Sunan Bonang yang merupakan salah satu dari Sembilan Wali yang ada di tanah jawa di tahun 1440 H / 2018 M ini menginjak yang ke 509.

Banyak kegiatan yang di laksanakan pada Haul Mbah Bonang ini, seperti Khitanan massal yang di ikuti oleh 82 Anak dari berbagai lapisan masyarakat yang tadi kamis pagi, (20/09/18) telah di laksanakan di halaman Masjid Astana Sunan Bonang, Tahlil Haul Sunan Bonang yang di ikuti Auliya se Jawa - Bali, dan Puncak dari serangkaian Haul Sunan Bonang ini akan di tutup dengan Pengajian Akbar yang akan di laksanakan pada Kamis malam, ( 20/09/2018 ).

Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si., Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban Dr.Ir.Budi Wiyana.M.Si bersama Ketua DPRD Kabupaten Tuban, H.M.Miyadi, S.Ag.MM, Ketua TP PKK Kabupaten Tuban, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Tuban serta pimpinan OPD dan Camat di Kabupaten Tuban Mengikuti ziarah kubur dan do’a bersama dalam rangka Haul Maulana Makdum Ibrahim/Sunan Bonang yang ke 509.

Rombongan berangkat bersama - sama dari Pendopo Kridho Manunggal Tuban, berjalan menuju kompleks Makam Sunan Bonang Tuban. Di sepanjang jalan, nampak warga dan penjual dadakan antusias menyambut Wabup dan rombongan.

Setibanya di Masjid Astana Kompleks Makam Sunan Bonang, Rombongan di sambut Rais Syuriah PCNU Tuban, KH. Kholilurrahman dan pengurus Mabarot Makam Sunan Bonang Tuban.
Rombongan kemudian menuju makam Sunan Bonang dan di sambut para habaib dan pengurus makam serta auliya se -Jawa Bali.

Sebelum doa bersama di laksanakan, Noor nahar memberikan apresiasi dan berterima kasih pada semua pihak yang telah menyukseskan rangkaian Haul Sunan Bonang Tuban.

 “Kepada masyarakat Kabupaten Tuban maupun dari luar daerah yang antusias menyemarakkan kegiatan rutinan ini, pada awalnya Haul Sunan Bonang hanya di ikuti oleh beberapa orang saja.

Namun berkat kerja keras pengurus Mabarot Sunan Bonang, Pemkab Tuban PC NU Kabupaten Tuban, rangkaian kegiatan Haul semakin tahun semakin semarak. Selain itu, juga menjadi bentuk Syiar Agama Islam di Kabupaten Tuban.

"Sehingga mampu meningkatkan atensi masyarakat untuk berziarah dan menyemarakkan haul, saya berharap kerja sama yang telah telah terjalin dapat terus di tingkatkan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat, termasuk peziarah Sunan Bonang,” terang Noor Nahar.

Reporter : Agus
Editor   : Isvianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"