Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Sabtu, 01 September 2018

Kemarau Mengakibatkan Kekeringan Dan Krisis Air Bersih di 28 Desa di Kabupaten Tuban

Tuban, Sorotnuswantoronews - Sesuai Informasi yang disampaikan oleh BMKG Stasiun Klimatologi malang@ Pusdalops Pb BPBD Kabupaten Tuban, sampai dengan hari ini, Sabtu (01/09/2019).

Berikut disampaikan Update Peta Monitoring Hari Tanpa Hujan Berturut - turut, Peta Analisis Distribusi Curah Hujan Dasarian III Agustus 2018 dan Peta Prakiraan Curah Hujan Dasarian I September 2018 di Provinsi Jawa Timur yaitu : HTH Jawa Timur sebagian besar terjadi Kekeringan Ekstrim (> 60 hari).

Sedangkan masih ada hujan terjadi di sebagian kecil Kab/Kota Pacitan, Tulungagung, Malang, Batu, Lumajang, dan Banyuwangi. Distribusi Curah Hujan di Provinsi Jawa Timur sebagian besar berkisar 0 – 10 mm.

Prakiraan Deterministik Curah Hujan Dasarian I September 2018 untuk Provinsi Jawa Timur pada umumnya berkisar 21 – 50 mm. Peluang curah hujan 51 – 75 mm terjadi di sebagian kecil Kabupaten Jember dan Banyuwangi.

Prakiraan Probabilistik Curah Hujan Dasarian I September 2018 untuk Provinsi Jawa Timur sebagian besar kurang dari 50 mm dengan peluang lebih dari 90 %.

Untuk dampak kemarau sendiri menyebar di 28 Desa di 9 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban. Seperti Desa Waleran Kecamatan Grabagan, Desa Sadang Kecamatan Jatirogo, Desa Gaji dan Sidonganti Kecamatan Kerek, Desa Guwoterus dan Nguluhan Kecamatan Montong, Desa Kedung jambangan dan Kumpulrejo Kecamatan Bangilan, Desa Ngandong, Grabagan dan Gesikan Kecamatan Grabagan, Desa Sambongrejo, Genaharjo,

Berikutnya Desa Jadi dan Prunggahan Kulon Kecamatan Semanding. Desa Brangkal, Parangbatu, Sembung, Sukorejo dan Pecing Kecamatan Parengan, Desa Medalem, Sendang, Wanglukulon, Wangluwetan, Jatisari, Rayung, Sidoharjo dan Leran Kecamatan Senori , dari 28 Desa yang berada di 9 Kecamatan di Kabupaten Tuban itu mengalami Kekeringan dan Krisis Air bersih dan membutuhkan bantuan.

Kontributor : AGUS
Editor.         : Hidayat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"