Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Kamis, 06 September 2018

Lanal Aru Gagalkan Penyeludupan Ribuan Liter Miras

Kepulauan Aru, Sorotnuswantoronews - Pangkalan TNI AL (Lanal) Aru dibawah Komando Letkol Laut (P) Dwi Atmojo berhasil menggagalkan penyelundupan minuman keras tradisional jenis sopi sebanyak 2.500 liter.

Ribuan liter miras sopi ini disita saat KM Irama dan KM Mano 02 yang sedang melakukan kegiatan bongkar muat  di Pelabuhan Yos Sudarso Dobo pada hari yang berbeda.

Sesuai informasi yang berhasil dihimpun Sorot Nuswantoro News menyebutkan bahwa, pada saat KM Irama melaksanakan kegiatan bongkar muat, Jumat, 31 Agustus 2018 tepat pukul 12.00 WIT, Anggota KAL P. Trangan Lanal Aru Kld Mes Ruri Handoyo yang sedang melaksanakan dinas jaga di Pelabuhan Umum Yos Soedarso Dobo, mendapati ada salah satu penumpang membawa minuman keras jenis sopi.

Mengetahui ada miras yang diselundupkan ke Aru, Kld Mes Ruri Handoyo langsung menelpon anggota Unit Intel Lanal Aru dan melaporkan barang temuannya tersebut.

Mendengar informasi itu, Unit Intel Lanal Aru langsung bergerak cepat menuju TKP untuk melaksanakan  pengecekan terhadap KM. Irama dan didapati pemilik serta barang bukti 5 drigen minuman keras jenis sopi.

Setelah dicek dan dilaksanakan introgasi, ternyata pemilik sopi 5 drigen tersebut mengaku bahwa masih banyak penumpang yang membawa sopi, selanjutnya Anggota Unit Intel Lanal Aru beserta Kld Mes Ruri Handoyo bergerak melaksanakan penggeledahan didalam tenda penumpang KM. Irama dan ternyata benar, banyak penumpang yang membawa minuman keras jenis sopi.

Ribuan liter sopi itu langsung  dikumpulkan kemudian dilaporkan ke Pasintel Lanal Aru Kapten Mar Mustafa Bugis. Mendengar laporan tersebut, Pasintel Lanal Aru langsung turun ke TKP untuk melakukan pengecekan.

Setelah mengetahui ada ribuan liter miras di kapal tersebut, Pasintel Lanal Aru langsung menelpon Kasihartib Lanal Aru Letda Laut (PM) Geger mulyo agar memerintahkan seluruh anggota Lanal Aru untuk membawa Truk Dinas Lanal Aru menuju Pelabuhan Umum Yos Soedarso Dobo, untuk membantu mengamankan dan membawa pemilik beserta minuman keras jenis sopi tersebut menuju Makotis Lanal Aru.

Dari pengembangan data, diketahui dari pemilik miras bahwa selain KM Murni, ada sebuah kapal yang diketahu namanya KM Mano 02 sementara menuju Pelabuhan Yos Sudurso Dobo dengan membawa ratusan liter Miras tradisional jenis sopi.

Informasi itu ternyata benar. KM Mano 02 yang tiba dan sandar di Pelabuhan Yos Sudarso Dobo Sabtu, 1 September tepat pukul 06.30 WIT langsung digeledah Anggota Lanal Aru yang sudah siaga di sana.

Hasil penggeladahan ditemukan 500 liter sopi yang di timbun di bawah tumpukan buah pisang.
Ratusan liter sopi langsung diamankan dan di tampung di Makotis Lanal Aru, kemudian ribuan liter sopi itu langsung diserahkan ke Polres Kepulauan Aru untuk dimusnahkan pada hari Rabu (5/9/2018).

Reporter : Nus Yerusa
Editor   : Isvianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"