Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Senin, 03 September 2018

Mengadakan OSMB Oleh Universitas Terbuka Tuban

Gambar : di pendopo kabupaten Tuban
Tuban, Sorotnuswantoronews - Universitas Terbuka (UT) adalah Perguruan Tinggi Negeri ke - 45 di Indonesia yang diresmikan pada tanggal 4 September 1984, berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984 yang saat ini tersedia di 37 Daerah cabang Pendidikan di seluruh indonesia termasuk di Jawa Timur dan Khususnya di Kabupaten Tuban.

Pusat Belajar dan Informasi Universitas Terbuka (PBI - UT) Tuban , Minggu ( 02/09/2018 ) melaksanakan kegiatas Orientasi Study Mahasiswa Baru ( OSMB ) di Gedung Pendopo Kridho Manunggal Tuban dengan dihadiri oleh Ketua DPRD Tuban H.M.Miyadi,S.Ag.MM,  Wakil Bupati Tuban Ir.H.Noor Nahar Hussein.M.Si, dan beberapa Kepala Dinas lainnya serta tamu undangan.

Selain menjabat sebagai Ketua DPRD Tuban, H.M.Miyadi juga menjadi Pembina di UT Tuban. Dalam sambutannya, Miyadi menyampaikan UT Tuban merupakan sarana belajar yang modern karena system pembelajarannya yang mandiri dan online sehingga dapat dilakukan di mana saja tanpa mengganggu pekerjaan.

“ Kuliah di UT Tuban bisa dilakukan sambil kerja, karena system perkuliahan yang mandiri dan online sehingga tidak mengganggu waktu kerja,” papar Miyadi.

Di Universitas Terbuka tersebut Menerapkan system belajar jarak jauh dan terbuka. Istilah jarak jauh berarti pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka, melainkan menggunakan media, baik media cetak ( modul ) maupun non - cetak ( audio / video, komputer / internet, siaran radio, dan televisi ).

Makna terbuka adalah tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi, dan frekuensi mengikuti ujian. Batasan yang ada hanyalah bahwa setiap mahasiswa UT harus sudah menamatkan jenjang pendidikan menengah atas ( SMA atau yang sederajat ).

Meskipun sistem belajarnya berbeda dengan kuliah -kuliah yang lain, lanjut Miyadi, tetapi ijazahnya mempunyai derajat yang sama dengan kuliah yang lain dan di akui oleh Pemerintah.

Noor Nahar Hussein juga menyampaikan hal yang sama dengan yang disampaikan Miyadi, karena Kuliah di UT berbeda dengan Kuliah - kuliah lain, sehingga UT selain bisa mengikuti tatap muka juga bisa kuliah full Online di mana saja bagi yang bekerja di luar Kota.

Wakil Bupati juga menekankan kepada Dinas Komunikasi dan Informasi ( Kominfo ) supaya di kampus UT nantinya wifinya diperkuat karena ini sebagai salah satu pelayanan Pemkab Tuban untuk melengkapi fasilitas Pendidikan di Tuban.

“ Karena UT itu menggunakan system Online, nanti biar saya minta kepada Kominfo untuk memperkuat Wifi di Kampus UT karena ini termasuk bentuk pelayanan Pemerintah," terang Noor Nahar.

Kontributor : Agus
Editor.         : Hidayat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"