Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Jumat, 28 September 2018

Aneka Produk Pangan Lokal Mewarnai Gelar Budaya Dan Pameran Pembangunan

GUNUNGKIDUL, sorotnuswantoronews - Berbagai pangan lokal dan produk olahan di pamerkan saat gelar budaya dan pameran pembangunan Desa Girimulyo Kecamatan Panggang.

Kepala Desa Girimulyo Drs Sunuraharjo saat di temui media Kamis (27/09/18) menjelaskan, " Gelar Budaya dan pameran pembangunan ini di adakan setiap tahunnya, tujuanya agar pangan lokal ini kembali di kenal di cintai oleh masyarakat.

"sebab di era seperti ini kadang pangan lokal ini di lupakan, kalau kita gali dan kita hidupkan kembali pangan lokal ini banyak sekali dan tidak kalah rasa dan gizinya dengan pangan moderen, "Pungkasnya.

Ketua LPMD Tusowarsono yang juga sebagai penanggung jawab menambahkan bahwa gelar Budaya di Desa Girimulyo ini di laksanakan Tiga kali dalam setahun.

Gelar budaya yang pertama adalah : setiap akan tabur benih dan polowijo, kemudian gelar sedekah lalap lalapan gelar sedekah lebar pangan, dari ketiga gelar sedekah ini sedekah yang ketiga yang di rayakan sebagai gelar pesta rakyat.

tujuan dari semua itu adalah memohon kepada Yang Maha Esa agar panen padi dan polo wijo di beri hasil yang melimpah sehingga petani berkecukupan kebutuhan panganya.

untuk gelar Hari ini di tampilkan kesenian tradisional dari ketujuh Padukuhan, ada pentas reog putri dari Padukuhan Bintaos, ada Hadroh dari Tunggu, ada dagelan, ada sesorah bahasa jawa dari ke Tujuh Padukuan, kemudian puncak acara di isi pagelaran wayang kulit dengan dalang lokal.

Tusuwarsono saat di konfirmasi mengatakan, ini bentuk kepedulian Pemerintah Desa Girimulyo dan  tokoh masyarakat agar Budaya lokal ini tetap lestari di cintai rakyat dan Hanjayeng Bawono.

Reporter : Supriyanto
Editor   : Isvianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"