Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA




Minggu, 11 April 2021

Andi Setiawan Didorong Untuk Jadi Pelopor Budidaya Lobster Air Tawar Bagi Warga Gunungkidul


Gunungkidul, SNN.com,- Andi Setiawan seorang ketua Karangtaruna kapanewon Playen menjadi pemuda Gunungkidul pertamakalinya yang memutuskan untuk menjadi mitra PT Bibit Alam Sampoerna(BAS) dalam berbudidaya lobster air tawar. Dalam kesempatan sosialisasi program unggulan budidaya lobster air tawar dari PT BAS diomah jowo,Ngunut, Playen, Gunungkidul, DIY Sabtu 10 April 2021 sore hari.

Andi Setiawan bercerita banyak tentang tekadnya beralih profesi dari peternak sapi menjadi ternak lobster air tawar. Setelah kami mengikuti sosialisasi budidaya lobster air tawar dari PT BAS, kami langsung mengambil 10 paket sekaligus. Dengan harapan dari 5 paket pembesaran dan 5 paket pembibitan/pengadaan benur lobster, kami bisa merasakan hasilnya. Ternyata budidaya lobster ini tidak sesulit yang kita bayangkan, karena kita akan mendapat pendampingan bilamana ada kendala akan segera dibimbing oleh ahlinya dari PT BAS. Selain itu jika dihitung secara matematis, kita hampir tidak ada resiko kerugian. Sebab dengan modal tiap paket Rp 2 juta,nantinya tiap 3 bulan sekali panen, kita akan mendapat keuntungan Rp 420.000/paket. Artinya jika dengan 10 paket, penyertaan modal Rp 20.000.000,- dalam satu tahun kita akan mendapat keuntungan sekitar Rp.16.800.000,-. Dimana setelah satu tahun masa kontrak kita habis,modal sejumlah Rp 20juta akan dikembalikan utuh. Selain mudah cara pemeliharaanya, budidaya lobster itu tidak begitu menyita waktu sebagaimana memelihara hewan lain.


Untuk itu mbah Joni Gunawan selaku pegiat sosial dan pemberdayaan masyarakat  dari tiem ekonomi kratif dewan kebudayaan Gunungkidul mendorong Andi Setiawan menjadi pelopor bagi kaum milenial maupun masyarakat luas sebagai pengusaha lobster air tawar. Dengan semakin banyaknya masyarakat Gunungkidul yang tertarik usaha budidaya lobster air tawar ini tentu akan membuka lapangan kerja baru dan meningkatkan pendapatan mereka.

Turut hadir dalam kegiatan sosialisasi budidaya lobster air kali diantaranya Adi Andoyo S.T dan Widi Kristiyanti S.E dari PT BAS, beberapa tiem EO Sanggar Ungu dan para calon mitra dari berbagai Kapanewon se Gunungkidul.

Dalam kesempatan tersebut Adi Andoyo S.T menjelaskan banyak hal terkait pola kemutraan budidaya lobster air tawar bersama PT BA Sampoerna. Mulai dari visi-misi perusahaan, program-program unggulan, sistim kemitraan serta pola bagi hasil dengan calon mitra, hingga pelatihan dan bimbingan agar calon mitra lebih mantab dan menjalin kerjasama untuk sukses bersama.

Melihat peluang usaha ini tampak menjanjikan, maka para calon mitra berharap ada  perhatian dari pihak pemerintah membantu bentuk permodalan. Sebab setiap jenis usaha biasanya yang menjadi problematik masyarakat adalah permodalan. Bagaimanapun bentuknya setidaknya andilnya pemerintah dalam hal ini akan membantu meringankan sedikit beban. Disamping itu juga membantu mengentaskan pengangguran dan kemiskinan.

Reporter : Wajiyo
Editor      : Mas Pay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"