Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA




Kamis, 08 April 2021

Kembang Telang Dan Berbagai Manfaat Untuk Kesehatan


Gunungkidul, SNN.com - Kembang telang yang memiliki nama latin Clitoria ternatea, ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Jenis bunga yang gampang hidup ini biasanya dijadikan tanaman hias dipekarangan rumah. Saat ini keberadaan kembang telang sudah menyebar diberbagai daerah hingga kepelosok pedesaan. Belum banyak masyarakat yang tahu apa saja manfaat kembang telang tersebut.

Dari pantauan awak media  dikalurahan Petir, Rongkop, Gunungkidul, D.I.Yogyakarta sekarang ini sudah banyak warga masyarakat yang menanam pohon telang, baik sebagai hiasan dipekarangan rumah maupun ditanah ladang mereka.

Hari kamis 8 april 2021 awak media mencoba menelusuri diberbagai dusun dikalurahan tersebut ternyata dari 13 dusun sekalurahan hampir disemua dusun sudah terdapat tanaman kembang telang yang berpenampilan cantik berwarna biru. Ketertarikan penulis menelusuri jenis tanaman tersebut dikarenakan ketika sering ada event-event tertentu ataupun kunjungan kerja pejabat daerah maupun pusat ke kalurahan ini selalu ada jamuan minuman segar berwarna biru atau hijau seperti warna pertalit, selain teh.

Menurut dukuh dusun Petir C Sulasti didusun ini terdapat banyak tanaman kembang telang yang memang disengaja sebagai tanaman hias sekaligus dimanfaatkan untuk minuman kesehatan. Meskipun kepala dusun wanita satu-satunya dikalurahan Petir ini tidak menyebutkan fungsi kembang telang secara detail. Namun diyaqini memang mengandung banyak manfaat. Biasanya masyarakat membuat minuman kembang telang direbus bersama rempah-rempah lain seperti jahe, daun sereh, jeruk maupun yang lainya.


Dari penelusuran awak media dimedia sosial, dibeberapa lapak jual beli online, nilai bibit maupun kembang telang ini tergolong masih mahal. Dalam sebuah artikel 20januari 2020 Fadli Adzani ditinjau oleh dr.Reni Utari menjelaskan, kembang telang ini jika dikonsumsi dengan cara dibuat teh ataupun jenis minuman lain dapat mengusir banyak jenis penyakit. Diantaranya adalah dapat menyehatkan jantung, meningkatkan daya ingat, juga dapat mengatasi gangguan kecemasan, meringankan depresi. Bahkan menurut sebuah riset ekstrak metanol yang terkandung dalam kembang telang sangat berpotensi untuk menjadi sumber antioksidan. Selain itu bisa menyembuhkan luka, mengurangi peradangan, karena kembang telang ini mengandung 51-52% asam oleat, seperti yang terkandung dalam minyak zaitun. Selain itu kembang telang juga bisa mengatasi gejala diabetes, sebab kembang jenis ini dapat mengontrol penyerapan gula dalam darah, sehingga menjaga kesetabilan gula darah pada pasien diabetes.Yang terakhir kembang telang, juga dapat membantu mengatasi penyakit asma dan bronkitis.

Cara penggunaan dan konsumsi kembang telang inipun sangat mudah, cukup dengan cara diseduh maupun direbus sebagaimana membuat minuman teh. Baik dari bunga yang masih segar maupun yang sudah dikeringkan. Dari hasil temuan maupun penelitian atas manfaat dan nilai kembang telang ini, hendaknya menjadi perhatian kita bersama untuk dibudidayakan, mengingat harga dipasaran saat ini harga kembang kering bisa mencapai Rp.600.000,-. Jika kembang telang ini dibudidayakan oleh masyarakat, bukankah akan menjadi tambahnya penghasilan disamping budidaya tanaman lainya. Setidaknya akan menjadi tambahan penghasilan bagi warga masyarakat, khususnya kaum tani.

Reporter : Wajiyo
Editor      : Mas Pay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"