Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA




Jumat, 02 April 2021

Pelatihan Budidaya Lobster Air Tawar Gratis Tiap Hari Sabtu


Gunungkidul, SNN.com,- Masyarakat Gunungkidul yang berminat untuk budidaya lobster air tawar bisa mengikuti pelatihan secara gratis. Pelatihan akan diadakan setiap hari sabtu bertempat diomah jowo Playen, Gunungkidul, D.I.Yogyakarta.Demikian disampaikan oleh mbah Joni Gunawan selaku penggerak ekonomi kreatif yang saat ini mengabdikan diri sebagai dewan kebudayaan kabupaten Gunungkidul. 

Pelatihan akan diberikan secara cuma-cuma oleh ahlinya lobster air tawar agar masyarakat benar-benar mahir dalam budidaya lobster air tawar tersebut.

Joni Gunawan dalam keterangan persnya kamis malam 1 april 2021 mengatakan bahwa masyarakat Gunungkidul dan sekitarnya tidak perlu kawatir dengan budidaya lobster air tawar ini, karena sistim kemitraan akan dibangun dengan sebuah PT Bibit Alam Sampoerna sebagai perusahaan yang profesilnal, berpengalaman dan memiliki jaringan yang luas baik didalam maupun luar negri. Oleh karena itu PT. Bibit Alam Sampoerna akan mengembangkan jaringan bisnisnya di Gunungkidul sebagai upaya meningkatkan pendapatan masyarakat dengan pola kemitraan jaminan 100% berhasil. Selama ini mbah Joni dan kawan-kawan sudah melakukan sosialisasi kepelosok-pelosok dusun untuk mengajak masyarakat utamanya kalangan generasi milenial  agar tertarik memulai usaha budidaya lobster air tawar yang menjanjikan ini. 


Kemarin kata mbah Joni dari pihak PT Bibit Alam Sampoerna telah datang di omah Jowo mengantarkan semple sarana dan prasarana untuk pemeliharaan lobster air tawar yang didistribusikan langsung oleh P. Prischa Prasdiyanyo dan tiem. Sekalian menyepakati kerjasama dan omah jowo akan menjadi sebtral pelatihan sekaligus distribusi segala bentuk keperluan nantinya.

Dengan pola kemitraan ini PT BAS menawarkan dua program unggulan yaitu cetak bibit dan pembesaran bibit lobster air tawar. Bagi masyarakat yang berminat jika tidak memiliki biaya sebagai modal awal akan dibantu permodalan oleh Bank BPD Gunungkidul dengan nominal sekitar Rp 2,5 juta tiap orang dalam satu paket. Jadi apalagi yang diragukan, selain usaha ini minim resiko, kita juga bisa menjadi pengusaha dirumah sendiri tanpa mengganggu pekerjaan lain.

Sekarang ini sudah beberapa anak muda mulai tertarik, hanya perlu pelatihan secara tehnis soal pemeliharaan lobster agar nantinya tidak banyak kendala ketika sudah mulai usaha ini. Yang perlu masyarakat ketahui bahwa usaha ini bukanlah seperti usaha-usaha peternakan semut jepang, semut ngangrang atau lainya yang konon hanya sebuah usaha abal-abal bahkan banyak masyarakat tertipu olehnya. Sebelum kita benar-benar memutuskan untuk budidaya lobster air tawar akan ada pelatihan  oleh ahlinya.Juga ada pe jaminan yang kuat dari pihak bank dan notaris. 

Reporter : Wajiyo
Editor      : Mas Pay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"