Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Kamis, 15 April 2021

POL Diapresiasi BI, Bupati YES Tandatangani SK TP2DD


Surabaya, SNN.com - Kepala Perwakilan BI Jawa Timur Difi Ahmad J saat Musrenbang Propinsi Jawa Timur, Kamis (15/4) di Hotel Sangrila Surabaya memberikan apresiasi kepada Bupati YES atas penerapan digitalisasi Pasar Online Lamongan (POL). Hal tersebut disampaikan oleh Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Arif Bakhtiar.

Menurutnya apresiasi tersebut disampaikan karena inovasi aplikasi POL ini sangat bermanfaat dan sesuai dengan masa pandemi seperti ini.

“Lamongan menjadi pioneer pasar tradisional online di Jawa Timur. Masyarakat dapat mendapatkan kebutuhannya tanpa keluar rumah dan perekonomian tetap berjalan. Apalagi POL juga bekerjasama dengan dengan Bank Jatim melalui Quick Response Code Indonesian Standart (QRIS) sebagai media pembayarannya melalui mobile banking”, ungkap ARif Bakhtiar.

Pada kesempatan yang sama Bupati YES melakukan Penandatanganan Pembentukan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD).

Pembentukan TP2DD menurut Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Arif Bakhtiar adalah untuk meningkatkan transparansi transaksi keuangan daerah, mendukung tata kelola, dan mengintegrasikan system pengelolaan keuangan daerah.

“Hal tersebut dalam rangka mengoptimalkan pendapatan daerah, perlu implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah melalui percepatan dan perluasan digitalisasi daerah,” jelas Arif Bakhtiar.


Arif Bakhtiar menambahkan, bahwa nantinya TP2DD akan melakukan pengumpulan data dan informasi perkembangan transaksi pendapatan dan belanja Pemerintah Daerah baik yang dilakukan secara tunai maupun non tunai, melakukan analisis dan identifikasi hambatan dan permasalahan terkait elektronifikasi transaksi pemerintah daerah, melakukan langkah-langkah penyelesaian hambatan dan permasalahan, menyusun rekomendasi kebijakan, strategi dan rencana aksi serta menyampaikan laporan hasil pelaksanaan tugas TP2DD kepada Kelompok Kerja Nasional P2DD.

“Sebelumnya sudah terbentuk 8 TP2DD di Jawa Timur, dan saat ini ada 16 Kabupaten / Kota yang menandatangani SK TP2DD salahsatunya termasuk Kabupaten Lamongan,” imbuh Arif Bakhtiar.

TP2DD diketuai oleh Bupati Lamongan  dengan Wakil Ketua Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Propinsi Jawa Timur danDeputi Direktur Manajemen Strategis, EPK dan Kemitraan Pemerintah Daerah OJK Kantor Regional 4 Jawa Timur.

Reporter : Zaenal A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"