Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Selasa, 06 April 2021

Serah Terima Tandu Dari Bupati Gunungkidul Ke Pusdikma Dalam Rangka Napak Tilas Route Panglima Besar Jendral Soedirman Siswa Dimapa PK TNI Angkatan XXVIII TAHUN 2021


Gunungkidul, SNN.com,- Bertempat di Lapangan Kalurahan Bedoyo, Kapanewon Ponjong di laksanakan, Acara serah terima tandu dari Bupati Gunungkidul ke Pusdikma dan Pemberian Cindera mata kepada Bupati dan Kepala sekolah SMPN 2 Ponjong dalam rangka Kegiatan Latihan Napak Tilas Route Panglima Besar Jendral Soedirman dari Siswa Dikmapa PK TNI Angkatan XXXIII TA 2021, Selasa (6/4/2021).

Turut hadir dalam acara kali ini diantaranya 
Brigjen TNI Herianto Syahputra S.l.P, M.S.l, Kolonel Laut Agus Surya Darmawan, S.I.P , M.S.l, Kolonel Laut ( P) Agus Surya Dharmawan, Kolonel Kav Janto I Tehupuring S.I.P, Letkol Kav Roli Dewanto, Letkol Mar Siddiq, S.E, Letkol Pas Sutiyono. SH, Letkol Pas Joko S. S. P.D, M.M.PD, Mayor Inf Tugiyo, Mayor Inf Ahmad Munir S,SOS,  Wakil Bupati Heri Susanto,  Dandim 0730 / GK yg di wakili ( Kasdim Mayor INF Nurhadi ), Kapolres GK yg di wakili Kapolsek Ponjong ( Kompol Sudono SH ), Danramil 08/ Ponjong ( Kapten CPM Sutiyono ), Kepala sekolah SMP N 2 Ponjong ( Drs.Murwantono, MA, Mpd ).

Wakil Bupati Gunungkidul, Heri Susanto dalam sambutannya  menyampaikan bahwa, acara ini menjadi wujud  syukur dan penghormatan kita kepada para pendahulu, pejuang dan pahlawan bangsa yang telah berjuang meraih kemerdekaan bangsa Indonesia.  

Kami masyarakat dan pemerintah Kabupaten Gunungkidul, bangga dan menaruh hormat, kepada seluruh jajaran tentara nasional Indonesia yang terus berkomitmen kuat menjaga dan mempertahankan kedaulatan bangsa dan wilayah NKRI dengan sungguh-sungguh dan penuh pengorbanan.     

Penguat komitmen seluruh jajaran TNI terhadap tugas dan tanggung jawabnya juga terus menerus ditanamkan kepada seluruh prajurit TNI sejak dini.  

Penanaman nilai-nilai keteladanan dan kejuangan para pahlawan bangsa dilaksanakan sejak prajurit TNI masih dalam proses pendidikan dan latihan.      

Harapannya dengan kegiatan ini seluruh prajurit TNI, memiliki karakter dan semangat kejuangan yang tertanam kuat dalam jiwa karya dan tindakanya, ketika harus melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya diseluruh wilayah NKRI. 

Salah satu kegiatan penanaman nilai-nilai dan jiwa kejuaraan serta keteladanan pahlawan bangsa yaitu rute panglima Soedirman. Panglima Soedirman selama ini sudah kita kenal sebagai sosok pahlawan bangsa yang sangat gigih memeperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia melalui perjuangan bergerilya.     

Meski dalam keterbatasan dan kelemahan fisik semangat perjuangan beliau tidak lekang dan justru terus membara bersama prajurit TNI, sehingga kemerdekaan Indonesia dapat dipertahankan hingga kini. 

Semangat dan nilai-nilai perjuangan panglima Soedirman inilah yang hendak dimiliku setiap prajurit TNI sejati. Karna tantangannya perjuangan mempertahankan dan menjaga kedaulatan NKRI tetap membutuhkan jiwa dan semangat juang, sebagaimana yang dimiliki oleh pahlawan dan teladan kita panglima Soedirman yang dalam keterbatasan fisiknya harus ditandu ketika memimpin prajurit TNI dimedan gerilya di wilayah DIY dan sekitarnya.     
Semoga simbolisasi perjuangan beliau ini senantiasa mengingatkan kita, bahwa perjuangan demi mempertahankan NKRI harus tetap dilakukan meski dalam keterbatasan dan kondisi yang sesulit apapun.                    

Heri Susanto juga  mengucapkan terima kasih dan apresiasi kami kepada seluruh jajaran TNI yang telah melaksanakan kegiatan rute panglima Soedirman di DIY dan secara khusus diwilayah kabupaten GunungKidul ini. Selamat berjuang dan mengabdi untuk prajurit TNI kebanggaan kami, pungkasnya.

Diakhir acara dilakukan  penyerahan cinderamata dan penyerahan simbolis sembako dari Pusdikma kepada perwakilan warga masyarakat. Dan setelah Upacara serah terima tandu di lanjutkan Star latihan Napak Tilas Route Panglima Besar Jendral Soedirman dari Kalurahan  Bedoyo menuju Eromoko dg jarak -+ 21 Km. Selama giat di wilayah Kabupaten Gunungkidul berjalan aman dan lancar.

Reporter  : Supriyanto/Asih
Editor       : Mas Pay.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"