Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA




Selasa, 13 April 2021

Totok Suprapto, Cakades Sumbersuko Nomor Urut 2 Bertekad Perjuangkan Perubahan Pada Semua Lini di Desanya


Probolinggo, SNN.com - Motivasi yang cukup memberi angin segar pada masyarakat yang ujungnya memberi perubahan yang cukup signifikan di desa Sumbersuko kecamatan Dringu kabupaten Probolinggo  tergambar pada pola fikir sosok Totok Suprapto.

Bagi pria yang cukup potensial dalam memberikan pemikiran dan perubahan pada wajah desanya, hal yang lumrah mendapat apresisasi dari semua pihak. Calon Kepala Desa (cakades) Sumbersuko dengan nomor urut 2 ini, secara bijak menyampaikan apa yang sebenarnya diinginkan warganya. 

Menurutnya, dengan nilai anggaran yang cukup besar dan gelontorkan pemerintah bagi desa, tidak mustahil jika desa dapat memanfaatkan dana tersebut dengan maksimal.

Ditemui dikediamannya Senin (12/4), Totok Suprapto menjelaskan jika dirinya tidak mempunyai angan-angan mencalonkan diri sebagai kepala desa. Namun dorongan yang cukup kuat dari warga dan tokoh masyarakat setempat yang menghendaki dirinya maju dalam bursa Pilkades tahun ini, membuat pria berputra dua ini setidaknya dengan bijak mengambil sikap demi mengedepankan kehendak warga.

“Secara pribadi saya dapat menangkap apa yang menjadi kehendak masyarakat desa ini terkait berbagai kebutuhan yang selama ini menurut mereka belum dapat terpenuhi. Namun secara umum, jika saya diberi amanah dan ditakdirkan menjadi pemimpin di desa ini, saya akan berupaya secara maksimal memenuhi apa yang menjadi harapan warga desa ini utamanya mereka yang benar-besar perlu diperhatikan menyangkut kesejahteraannya.”Ujarnya.


Lebih lanjut, sosok yang juga pernah mengabdi sebagai staf kecamatan Dringu ini menjelaskan sebenarnya banyak potensi yang jika ditelaah dan dimanfaatkan tidak mustahil bisa dijadikan penunjang pembangunan dan kesejahteraan warga. 

“Bukan berarti didesa ini tidak ada pembangunan, namun apa yang diwujudkan ternyata belum bisa memenuhi apa yang menjadi kebutuhan warga. Bisa juga ada keterlibatan warga dengan pemanfaatan Tanah Kas Desa atau bisa juka asset desa tersebut dikelola demi menunjang kesejahteraan yang tentunya dengan memberdayakan warga. “tambahnya.

Pantauan media Sorotnuswantoro.com di desa ini, ternyata jika pemimpinnya dapat memanfaatkan potensi yang ada, sebut saja mata air artesis di desa Sumbersuko yang beberapa waktu lalu sempat viral karena diyakini kandungan mineral dalam air tersebut memenuhi konsumsi secara langsung. Ini salah satu potensi yang perlu dikembangkan selain meningkatkan faktor lain termasuk pelayanan, keamanan dan tentunya kesejahteraan bagi warganya. Dan semua itu, terbersit ada dalam wacana pada figur Cakades Sumbersuko nomor urut  2  (Totok Suprapto). 

“Seiring perjalanan waktu, sudah selayaknya desa Sumbersuko  ini dipimpin oleh figur yang benar-benar dapat memahami karakteristik masyarakat dan wilayahnya. Warga sudah semakin mengerti mana pemimpin yang hanya janji saat akan menduduki jabatan kades, namun setelah jadi ternyata janji tersebut tidak pernah direalisasikan.”Ujar Tokoh masyarat Sumbersuko, seperti yang disampaikan pada wartawan media ini.

Reporter : Arini
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"