Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Selasa, 30 Juni 2020

Program TMMD 2020 Resmi Dibuka Bupati Bojonegoro di Desa Lebaksari

Bojonegoro, SNN.com - Dengan mematuhi pprotokol pencegahan Covid 19, Hj. Anna Mu’awanah, Bupati Bojonegoro resmi membuka kegiatan progaram TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang berlangsung di lapangan Desa Lebaksari, Kecamatan.Baureno, Selasa (30/06/2020).

Kali ini program TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) di Bojonegoro mengusung tema “Mengabdi Untuk Negeri”. Untuk tahun 2020 ini dilaksanakan di dua Desa. Yakni Desa Kalisari dan Lebaksari. Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro.

Pada kesempatan itu, Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Inf. Bambang Hariyanto menyampaikan, kegiatan TMMD yang secara rutin dilaksanakan setiap tahun ini bertujuan untuk mempererat kemanunggalan TNI dengan rakyat dalam mewujudkan SISHAMTA (Sistem Pertahanan Semesta) dengan melibatkan komponen TNI dan rakyat.

Dalam program kegiatan TMMD yang dilaksanakan di Desa Lebaksari dan Kalisari tahun ini, ada dua program kegiatan yang akan dilaksanakan, yakni kegiatan bersifat fisik dan non fisik.

Sedangkan kegiatan fisik yang dicanangkan yaitu dengan pembangunan saluran drainese dua titik di Desa Lebaksari sepanjang 166,80 meter dan di Desa Kalisari sepanjang 226,20 meter, normalisasi saluran irigasi sepanjang 1 km, rehab ruang kelas 2 SD, dan bedah rumah (RTLH/rumah tidak layak huni) sebanyak 33 rumah dari Pemkab Bojonegoro dengan di dukung Bank Jatim.

"Untuk kegiatan non fisik berupa penyuluhan tentang stunting, budidaya ikan serta seminar pendidikan Kebangsaan dan Bela Negara," ungkapnya.

Sementara itu, dalam sambutannya Bupati Bojonegoro, Hj. Anna Mu’awanah menyebutkan, TMMD tahun 2020 di laksanakan di Desa Lebaksari dan Kalisari merupakan potret dua desa pinggiran Bantaran sungai Bengawan Solo yang sangat rentan terhadap luapan air bengawan di saat musim hujan tiba. Dan  tentunya juga berbeda dengan kondisi wilayah Desa/Kecamatan lain di zona luar Bantaran Sungai Bengawan Solo.

Kegiatan TMMD tahun 2020 lanjut Bupati, selain pembangunan fisik dan pembangunan non fisik juga sangat penting untuk membangun karakter bangsa agar makin cinta dengan NKRI. Sehingga tidak terbawa oleh faham-faham yang dapat menimbulkan perpecahan, ketidak harmonisan, kecemburuan antar warga.

Kegiatan lainnya, di sektor pelayanan publik juga menjadi prioritas Program TMMD, seperti pelayanan dokumen kependudukan, penyuluhan P3AKB, pen yuluhan bahaya narkoba, dan rokok ilegal bagi warga.

Menurut Bupati, dalam upaya mengedapankan pelayanan publik, di tahun 2020 ini Pemkab Bojonegoro sudah mencanangkan SID (sistem informasi) sejumlah 150 Desa Se-Kabupaten Bojonegoro untuk memaksimalkan pelayanan bagi warga Bojonegoro.

"Dengan adanya TMMD tahun 2020 ini semoga mampu membangkitkan kembali semangat nilai-nilai luhur Kebangsaan, membangun kebersamaan antara TNI, warga dan Pemerintah Kabupaten dalam rangka mewujudkan percepepatan pembangunan," tutur Bupati

Usai sambutan Bupati Bojonegoro juga menyerahkan bantuan secara simbolis, alat kesehatan, alat pertanian serta buku kepada Kades Lebaksari dan Kalisari.

Pada acara pembukaan TMMD 2020 juga dihadiri Ketua dan Anggota DPRD Bojonegoro, Wakapolres Bojonegoro, Kompol Rendy Surya Aditama, Kepala Bakorwil Bojonegoro Dyah Ayu Ermawati, OPD, jajaran anggota TNI Kodim 0813 Bojonegoro, Forkopimcam Baureno, Kades dan tamu undangan.

Reporter : Nastain
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"