Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Selasa, 23 Juni 2020

Wakil Bupati Tuban Minta Masyarakat Disiplin Dan Mentaati Anjuran Pemerintah

Tuban, SNN.com - Wabup Tuban H. Ir. Noor Nahar Hussein MSi. meminta agar masyarakat lebih disiplin dalam menjaga kebersihan dan mentaati anjuran Pemerintah.

“ Disiplin adalah vaksin Covid -19. Langkah ini di maksudkan untuk mencegah penyebaran Covid -19,” papar Wabup Noor Nahar Hussein saat peresmian Kampung Tangguh Semeru di Desa Prambon Wetan, Kecamatan Rengel, Senin ( 22/06/2020 ).

Pemkab bersama jajaran Forpimda Tuban serius memerangi pandemi Corona Virus Disease 2019 ( Covid -19 ) di wilayahnya. Saat ini secara maraton mereka membangun Kampung Tangguh Semeru di 29 wilayah Kabupaten setempat.

Dalam prosesi yang di hadiri Kapolres Tuban, Kasdim 0811 dan jajaran Forpimka Rengel, politisi dari PKB Tuban tersebut mengatakan, sekitar 80 persen kasus penularan Covid -19 di Tuban berasal dari droplet yang menempel pada benda. Oleh karena itu, masyarakat di minta meningkatkan disiplin diri dalam menjaga kebersihan dan menaati anjuran petugas.

Tokoh kharismatik asal Rengel itu mengingatkan, bahwasannya pasar menjadi klaster terbesar penyebaran Virus Corona. Di sentra transaksi jual beli itu terjadi interaksi antar masyarakat dari berbagai Daerah.

Oleh sebab itu pengelola pasar di minta menerapkan protokol kesehatan. Mulai dari penyediaan fasilitas cuci tangan, pengawasan bagi pedagang dan pengunjung untuk menggunakan masker.

Penggunaan masker membantu diri sendiri, keluarga, maupun orang lain agat terhindar dari Covid -19.“ Terutama ketika kontak dengan Orang Tanpa Gejala ( OTG ) yang kita tidak tahu apakah terpapar Virus Corona,” tutur alumni Institut Pertanian Bogor ( IPB ).

Ia menegaskan, dukungan dan peran serta masyarakat bersinergi dengan instansi Pemerintah di perlukan untuk memutus rantai penularan Covid -19. Tokoh Agama dan pemuda dapatnya juga di libatkan untuk mendorong masyarakat mengikuti anjuran Pemerintah. Masyarakat harus terus diedukasi dan di berikan pemahaman yang benar tentang Covid -19.


Sementara itu, Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono, S.I.K., SH., M.H., menerangkan, Kampung Tangguh Semeru menjadi percontohan sekaligus memotivasi warga Desa agar terus meningkatkan kewaspadaan terhadap pandemi global ini. Peran Kampung Tangguh Semeru sangat di harapkan dalam memutus rantai penyebaran Covid -19.

“ Masyarakat di minta tetap waspada namun tidak panik dalam menangani Covid -19,” kata Pamen Polri melati dua itu.

Di samping itu, pria asal Ngawi tersebut meminta masyarakat tidak mudah percaya dengan berita yang menyebar. Masyarakat dapatnya membaca keseluruhan isi berita dengan teliti, menelusuri sumber berita dan kebenarannya. Mengingat pada masa pandemi seperti ini banyak beredar berita bohong atau hoax.

Orang nomor wahid di jajaran Polres Tuban itu menyampaikan terima kasih atas upaya dan gotong royong masyarakat untuk menangani pandemi ini.“ Kerja sama yang terjalin harus terus di kuatkan antar elemen Kampung Tangguh Semeru, agar penyebaran Covid -19 dapat di putus,” jelasnya.

Pada kesempatan ini, Wabup Tuban bersama Kapolres dan Kasdim Tuban meninjau sejumlah fasilitas penunjang Kampung Tangguh Semeru. Juga dilakukan penebaran bibit lele di lokasi pengembangbiakan milik warga setempat.

Reporter : Agus
Editor     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"