Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Selasa, 30 Juni 2020

Sebelum Beraktivitas Normal, Bupati Tuban Tinjau Persiapan Pesantren

Tuban, SNN.com - Bupati Tuban, H. Fathul Huda meninjau kesiapan sejumlah pondok Pesantren di Kecamatan Palang sebelum kembali beraktivitas normal, Selasa ( 30/06/2020 ). Bupati Tuban di dampingi Kepala Kantor Kemenag Tuban, Kepala Dinas Kesehatan serta pimpinan OPD mengunjungi 3 Pesantren dan menyerahkan paket masker.

Bupati Tuban menyampaikan pembukaan kembali Pesantren harus mematuhi protokol kesehatan. Langkah ini untuk melindungi santri terpapar Covid -19. Menurutnya, Pesantren menjadi benteng untuk membangun masyarakat yang religios.

Lebih lanjut, santri dari luar Kabupaten Tuban di haruskan menyerahkan surat keterangan telah mengikuti rapid test sebelum di perbolehkan masuk kembali. Gugus Tugas dan pengasuh Pesantren juga akan melakukan rapid test ulang kepada santri jika di tengarai kurang sehat.

Jajaran Dinas Kesehatan Tuban di minta untuk memberikan bimbingan kepada pengasuh Pesantren. Selain itu, Gugus Tugas Kecamatan di minta untuk mengawasi terkait pelaksanaan protokol kesehatan. Bupati Tuban berpesan kepada pengasuh di minta tidak perlu merasa cemas dan dapat bekerja sama dengan Gugus Tugas untuk kemaslahatan bersama.


Pemkab Tuban berkontribusi untuk membantu pemenuhan Pesantren sesuai dengan kebutuhan yang di perlukan. Ini menjadi wujud perhatian Pemkab terhadap kehidupan Pesantren

“ Akan segera di serahkan bantuan masker, thermal gun, obat - obatan primer untuk Pesantren,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, dr. Bambang Priyo Utomo menyebutkan pihaknya akan memberikan pendampingan pendirian pusat kesehatan pesantren ( Puskestren ) maupun fasilitas kesehatan lainnya. Juga akan di bentuk kader kesehatan Pesantren atau Santri Husada.

Bambang Priyo menjelaskan Dinas Kesehatan melalui Puskesmas akan intens menyosialisasikan protokol kesehatan di Pesantren. Dinas Kesehatan akan mengupayakan kelengkapan medis dan rapid test bagi santri di Puskesmas setempat.

Reporter : Agus
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"