Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Minggu, 20 Februari 2022

Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bojonegoro Himbau Jaga Kebersihan Lingkungan, Antisipasi Ular


Bojonegoro, SNN.com - Di musim penghujan, ular cenderung mencari tempat tinggal sesuai habitatnya. Dinas Pemadam Kebakaran ( Damkar ) Bojonegoro menghimbau untuk selalu menjaga kebersihan karena ular di musim penghujan cenderung mencari tempat yg sesuai di mana dia hidup.

Biasanya berada di tempat lembab seperti rimbunan pohon atau tumpukan barang dan sebagainya yang ada di sekitar perumahan.“ Kalau sekitar rumah kotor, cenderung mengundang tikus yang menjadi salah satu makanan ular, ular pasti akan datang,” terang Adi Winarto, Kepala Bidang Pemadam Kebakaran.

Adi menegaskan selain menjaga kebersihan lingkungan, dapat juga menggunakan wangi - wangian untuk mengusir ular.“ Seperti kapur barus. Kalau cuma garam itu hanya mitos kecuali ular terluka karena garam bersifat panas/perih di kulit ular,” lanjutnya.

Menurut data per 17 Februari, Damkar telah menangani 107 kasus ular dan tawon. Ular yang telah di tangkap akan di rilis/di lepaskan tempat yang jauh seperti hutan di Temayang atau Gondang. Terkadang juga ada yang mengadopsi seperti pecinta reptil. Tetapi jika ularnya besar sering di serahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam ( BKSDA ) atau di minta Wahana Wisata Dander.


“ Paling besar yang pernah di tangkap panjangnya 5 meter, kucing atau anak kambing sudah bisa langsung di makan,” terang Adi. Sementara terkait tawon, proses evakuasi dilakukan pada malam hari. Proses ini menghindari serangan tawon pada siang hari karena saat malam tawon tidak bisa menentukan arah. 

Rata - rata tawon yang di evakuasi ialah jenis Tawon Ndas. Tawon membuat sarang baru karena rusaknya habitat dan kebersihan lingkungan.“ Seperti sekitar tempat sampah, sarang tawon ndas itu berasal dari tanah biasanya dari tempat - tempat yang kotor,” pungkas Adi.

Reporter : Agus
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"