Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Kamis, 24 Februari 2022

Siapkan 23 Layanan Adminduk, Lamongan Siap Transformasi Identitas Digital


Lamongan, SNN.com - Perkembangan zaman sedikit banyak menggeser tatanan kehidupan, begitu pula tatanan dalam layanan kependudukan. Layanan kependudukan yang mulanya rumit kini menjadi lebih ringkas dan mudah dengan adanya pelayanan berbasis online.

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi dalam laporannya saat menjadi salah satu pembicara di Airlangga Forum yang diadakan secara virtual, pada Rabu (23/2), menyatakan Lamongan siapkan 23 janis layanan adminduk yang sudah terintegrasi dan bisa dicetak secara mandiri oleh masyarakat. 

“Kita mengembangkan sebuah sistem yang Bernama Maduraksa. Maduraksa ini merupakan pelayanan administrasi yang ramah dan bersahabat dan cukup dilakukan di desa saja, masyarakat bisa mencetak beberapa dokumen secara mandiri di desa masing-masing, kecuali seperti KTP, Akta Kelahiran, ini dicetak di kantor kecamatan dan ada 23 jenis layanan dokumen kependudukan ini sudah bertanda tangan elektronik dan juga bisa melalui elektronik,” tutur Pak Yes

23 jenis layanan adminduk yang terintegrasi, ini meliputi biodata penduduk, KK, KTP-el dan KIA, suket pindah, pindah datang, pindah ke luar negeri, datang dari luar negeri, suket tempat tinggal, kelahiran, lahir mati, pembatalan perkawinan, pembatalan perceraian, kematian, pengangkatan anak, pelepasan kewarganegaraan Indonesia, pengganti tanda identitas, suket pencatatan sipil, akta kelahiran, kematian, perkawinan, perceraian, akta pengakuan anak, dan pengesahan anak. 


Lebih lanjut Pak Yes mengungkapkan 23 jenis layanan adminduk tersebut sudah ada di 29 titik yaitu di 27 layanan kecamatan, di Mall Pelayanan Publik dan di Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan.

“Jadi di masing masing kecamatan sudah bisa mencetak KTP dan akta kelahiran yang saat ini belum bisa dicetak secara mandiri oleh masyarakat. Kemudian kita juga menyediakan Layanan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) tapi keluarnya bukan uang tapi dokumen kependudukan. Yang kita siapkan di empat 4 titik yaitu Mall Pelayanan Publik, Kecamatan Ngimbang, Kecamatan Maduran, Kecamatan Paciran. Semua tempat pelayanan Adminduk sudah tersedia infrastruktur Peralatan dan Jaringan yang sudah terkoneksi dengan baik,” terang Pak Yes

Lamongan juga hadirkan 8 Inovasi Layanan Kependudukan diantaranya GEMILANG, JEBOL AKTA PENCAPIL, MINCE, ANTRI SEPEKAN, ANTRI KETAN, LAMPU ALADIN, PAK CIK, dan 3 In 1 untuk efektititas monitoring Layanan Kependudukan tersebut ada dua sarana pengaduaan pelayanan yang dapat di akses via WhatsApp yakni Sego Buronan (sarana elektronik gratis berkas online administrasi kependudukan) dan Lapor Pak Yes.

“Untuk identitas digital atau KTP-el lamongan ini snagat cocok dari karena dari 1,38juta penduduk ini mobilitasnya sangat tinggi ada di beberapa kota di Indonesia, sehingga dengan identitas digital sangat penting  dan sangat diharapkan oleh masyarakat yang kebetulan tinggal di luar kota,” lanjut Pak Yes

Pak Yes  berharap percepatan pelaksanaan KTP digital ini dapat segera terealisasikan.

Reporter : Zaenal A
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"