Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Selasa, 15 Februari 2022

Bahas Percepatan Pembangunan Desa, Bupati Anna Mu'awanah Bertemu Menteri PDTT


Bojonegoro, SNN.com - Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah menghadiri pertemuan dengan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi ( PDTT ), Selasa ( 15/2/2022 ). Pertemuan di gelar di Ruang Rektor Universitas Negeri Surabaya. 

Dalam kesempatan itu, juga hadir Rektor Universitas Negeri Surabaya ( Unesa ) dan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta ( UNY ). Sementara Bupati Anna hadir di dampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ( BPMD ) Bojonegoro, Mahmuddin.

Pertemuan dengan Menteri PDTT Abdul Halim Iskandar ini membahas persiapan pelaksanaan program rekognisi pembelajaran lampau desa ( RPL Desa ) dalam rangka mendukung percepatan pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa. Selain itu juga untuk mengakselerasi kemajuan serta kemandirian Desa. Dalam hal ini di butuhkan peningkatan kapasitas sumber daya manusia di Desa setempat.

Sebelumnya, Kementerian Desa PDTT memiliki program RPL Desa yang dilaksanakan sesuai Nota Kesepahaman Bersama ( MoU ) Kementerian Desa PDTT bersama Kementerian Dalam Negeri serta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dengan Forum Perguruan Tinggi untuk Desa ( PERTIDES ).

“ Ibu Bupati telah berkoordinasi dengan Pak Menteri,” beber Mahmudin, Kepala Dinas PMD Bojonegoro.


Dasar yang melatarbelakangi RPL Desa, lanjut Mahmudin, ialah Perpres No 85 Tahun 2020 dan Pemendikbud Ristek No 41 Tahun 2021. Pertemuan sendiri dilaksanakan dalam dua sesi. Pada sesi pertama membahas kebijakan umum program RPL Desa dan sesi kedua membahas tindak lanjut kebijakan umum secara teknis. 

RPL Desa di tujukan kepada Kepala Desa, Perangkat Desa, anggota BPD, pengelola BUMDes, tenaga pendamping profesional, serta pegiat pemberdayaan masyarakat Desa untuk menempuh pendidikan tinggi melalui RPL Desa.

Reporter : Agus
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"