Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Rabu, 23 Februari 2022

Programkan satu Desa satu Bank Sampah, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro Launching Bank Sampah Digital


Bojonegoro, SNN.com - Pemkab Bojonegoro menggelar acara launching program Bank Sampah Digital melalui satu Desa satu bank sampah, Rabu ( 23/2/2022 ) di Pendopo Malowopati. Langkah ini sebagai upaya pengendalian dan pengelolaan sampah yang di hasilkan warga setiap tahunnya.

Launching program ini sekaligus memperingati Hari Peduli Sampah Nasional ( HPSN ) pada 21 Februari. HPSN menjadi pengingat bahwa persoalan sampah harus menjadi perhatian utama, yakni dalam hal penanganan dan pengelolaannya yang memerlukan pelibatan seluruh komponen masyarakat. 

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup ( DLH ) Bojonegoro Sami’un saat acara launching Bank Sampah Digital menyampaikan bahwa persoalan sampah harus menjadi perhatian utama masyarakat. Kampanye pengelolaan sampah perlu terus di gaungkan.

“ Harapannya tahun ini pengelolaan sampah juga turut berkontribusi dalam pengurangan emisi gas rumah kaca,” katanya.

Sami’un juga menjelaskan bahwa di era digital, Pemkab Bojonegoro membuat program Bank Sampah digital di mana nantinya akan memberikan kontribusi nyata dalam mengembangkan manfaat sampah bagi kesejahteraan masyarakat.

“ Yakni melalui program satu Desa satu Bank Sampah yang nantinya akan menumbuhkan optimisme masyarakat dan berbagai pihak dengan meningkatkan kesadaran dan kebersamaan dalam pengelolaan sampah untuk kualitas hidup yang lebih baik,” terangnya.

Ia juga menambahkan dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional ( HPSN ) tahun 2022, Dinas Lingkungan Hidup juga meggelar beberapa acara yaitu lomba cipta daur ulang sampah, lomba video lingkungan yang di ikuti oleh kelompok yang di ikuti oleh Bank Sampah, fashion show dengan kostum atau bahan daur ulang serta pameran produk kerajinan daur ulang.


Sementara itu, Bupati Bojonegoro Anna Muawanah menyampaikan, bahwa dahulu orang menganggap bahwa sampah merupakan hal yang tidak berharga. Namun sekarang sampah bisa di olah sebagai barang berharga menjadi sesuatu yang menghasilkan.

Maka dari itu, Bupati Anna berpesan bahwa Pemkab Bojonegoro selalu berusaha untuk melakukan upaya pengendalian serta pengelolaan daur ulang sampah. Bupati Anna bangga dan mengapresiasi acara ini.

“ Ini merupakan sebuah motivasi diri untuk mendaur ulang sampah, menjadi barang yang yang lebih berharga dan bermanfaat,” tandasnya.

Reporter : Agus
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"