Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Sabtu, 26 Februari 2022

Bantuan Dari Kantor Pos Nganjuk, KPM Loceret Diduga Buat Bayar Hutang


Nganjuk, SNN.com - Penyaluran bantuan pangan non tunai (BPNT) kini disalurkan melalui PT Pos Indonesia ke setiap desa desa. Diberikan secara tunai selama 3 (tiga) bulan yakni Januari, Februari, Maret dengan total Rp 600 ribu (25/02/22).

Hal tersebut mengacu pada surat Dirjen Penanganan Fakir Miskin Kementerian Sosial nomor 592/6/BS tertanggal pada 18 Februari 2022. Hal ini tercantum dalam surat tentang Percepatan Penyaluran Bansos Sembako/BPNT.

Namun dibalik pencairan secara tunai tersebut, dinilai malah bukan untuk peruntukan sebagaimana mestinya. Salah satunya di Desa Genjeng, kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk, uang tunai Rp 600 ribu diduga dibuat keperluan lain.

"Yang pasti buat bayar anak sekolah, bayar listrik, bayar hutang," ungkap salah satu KPM Desa Karangsono ketika bersama wartawan, Jumat (25/02/2022).

Sementara dilain tempat, Hasan (50) salah satu warga Nganjuk mengatakan, bahwa dengan fenomena KPM menggunakan uang bantuan untuk *TIDAK* beli sembako, namun dipergunakan untuk keperluan lain itu tindakan keliru.

"Disini KPM kurang begitu paham begitu dapat bantuan uang 600 ribu, langsung buat belanja keperluan lain bukan untuk beli sembako, jadi bukan KPM yang salah, tapi kebijakan daripada Dirjen Penanganan Fakir Miskin Kementerian Sosial kini nilai terlalu gesah gesah tidak mempertimbangkan belakangnya, SDM KPM beda beda," terangnya.

Masih penjelasannya, dengan kejadian tersebut Kemensos harus mengkaji lebih dalam, terutama menerima masukan dari tim yang dilapangan. tidak sesuai dengan keputusan Direktur Penanganan Fakir Miskin NO 29/SK/HK.01/2/2022, bahan pangan harus di belanjakan oleh KPM BPNT adalah yang mengandung karbohidrat, protein hewani, protein nabati, vitamin dan mineral, kenapa oknum Desa memberi minyak goreng, ayam hidup (tidak higienis) kopi dan gula

"Sebelum mengambil kebijakan kalau bisa peran serta bawahan atau bagian lapangan dilibatkankan, agar bantuan ini tepat pada fungsinya, sebagai catatan ini bukan di satu kecamatan saja, hampir menyeluruh, lah ini tugas Dinsos dan Bank Himbara atau Pos Indonesia untuk menindaklanjuti ke Kemensos," ungkapnya.

Reporter : Widodo
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"