Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Rabu, 09 Februari 2022

Wujud Cinta Tanah Air, FKBN Korda Lamongan Bersama Kodim 0812 Gelar Seminar Pembekalan Bela Negara


Lamongan, SNN.com - Sebagai wujud cinta tanah air, Kodim 0812 Lamongan bersama Forum Kader Bela Negara (FKBN) Bakorda Lamongan gelar acara seminar pembekalan bela negara yang bertempat di Aula Kadet Suwoko Makodim 0812 Lamongan, Rabu siang (09/02/2022).

Mengusung tema "Pentingnya Kesadaran Bela Negara, Hak dan Kewajiban warga Setiap negara," acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan juga Bagimu Negeri dilanjut sambutan dari Ketua FKBN Bakorda Lamongan M. Hatta Yahya, juga tak lupa mewakili Kodim 0812 Lamongan, Kapten Arm. Yusniadi (Pasiter Dim 0812) yang sekaligus mengisi acara sebagai pemateri seminar Pembekalan Bela Negara.

Keprihatinannya atas sejumlah persoalan yang muncul belakangan ini. Persoalan itu jelas tidak mencerminkan nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar kebangsaan. Saat ini ada sekelompok masyarakat yang dengan mudahnya memposting hasutan di media sosial, mencaci maki kelompok masyarakat lain, radikalisme, memecah persatuan dengan isu SARA, dan sejumlah tindakan lainnya yang semakin mengancam persatuan dan kesatuan bangsa. Kalau masyarakat kita memahami, menghayati dan melaksanakan nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar kebangsaan, maka bangsa Indonesia akan hidup damai dan tentram.

M. Hatta Yahya, dalam sambutannya mengucapkan, "Terima kasih banyak atas segala dukungan dan bantuan untuk memfasilitasi kegiatan pembekalan Bela negara, dengan narasumber langsung oleh pihak Kodim 0812 Lamongan. Serta kehadiran kader-kader dan peserta dalam membantu suksesnya kegiatan seminar bela negara ini. "Semoga ini menjadi tonggak awal kita dalam meningkatkan nilai patriotisme," ucapnya.


Ia juga mengatakan, bahwa akhir-akhir ini telah banyak warga negara, terutama generasi muda yang rendah kesadaran akan pentingnya bela negara. Hal ini membuat lunturnya nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme dalam jiwa.

"Sudah jelas, seperti yang diamanatkan dalam UUD 1945 Pasal 23 Ayat 3, serta UUD 1945 Pasal 30 Ayat 1, bahwa tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara. Dan inilah yang akan kita aplikasikan kepada warga negara khususnya kaum milenial untuk kembali menumbuhkan rasa nasionalis dan patriotisme untuk bela negara," terangnya.

Dandim 0812 Lamongan, Letkol Kav. Endi Siswanto melalui Kapten Arm.Yusniadi menyampaikan, "Terima kasih kepada FKBN korda Lamongan atas inisiasinya untuk menyelenggarakan Pembekalan Bela Negara bersama Kodim 0812 lamongan. Ini adalah wujud sinerginitas yang nyata dalam usaha menegakkan nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar kebangsaan."

"Dengan semangat Nilai-nilai kejuangan 45, kita tegakkan pilar-pilar kebangsaan, Tegasnya."

Lunturnya nilai kebangsaan dan nilai sosialisme.

Dalam era globalisasi saat ini, Pancasila mulai dilupakan dan terkikis oleh nilai-nilai asing. Hal ini ditandai dengan munculnya paham materialisme yang ditandai dengan mementingkan diri sendiri, semua hal dilandaskan keuangan materi/uang, liberalisme yang ditandai dengan proses demokrasi yang berubah menjadi tindakan anarkis, radikalisme yang menyelesaikan masalah dengan cara kekerasan fisik serta fundamentalisme yang ditandai dengan sulitnya menerima keberagaman dan hidup bersama dengan orang berbeda keyakinan atau paham.

ditambahkan oleh Kapten Arm.Yusniadi, "Mari sama-sama mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk menghindari semua hal-hal yang bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Marilah kita hidup bersama dengan suasana rukun, meski dilandasi perbedaan. Ibarat, pelangi, jika ada berbagai warna, maka akan lebih indah untuk dinikmati."

Kewajiban seluruh lapisan masyarakat untuk mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Dimulai dari diri sendiri, dengan bekerja keras, bekerja cerdas, dan bekerja ikhlas sebagai penerapan nyata wujud bela negara.

Hal senada diungkapkan Aminarto, S.T sekjen FKBN Korda lamongan., "Kita semua harus sepakat untuk ikut mengawal empat pilar kebangsaan dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat. Kita harus sepakat akan terus menyosialisasikan nilai nilai yang terkandung dalam empat pilar kebangsaan itu, kedepan FKBN akan terus mensosialisasikan Konsep Bela Negara ini sampai ke tingkat desa," pungkasnya. (red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"